Analisis Kemampuan Mengembangkan Bahan Ajar yang Kontekstual Berbasis Power Point pada Guru SMP Negeri 11 Merauke
Abstract
SMP Negeri 11 Merauke terletak di Distrik Sota yang peserta didiknya cukup beragam, bahkan ada dari negara tetangga, yaitu PNG. Hasil ujian nasional peserta didik, khususnya mata pelajaran IPA pada tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Salah satu hal yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik adalah pembelajaran yang belum dilengkapi dengan media pembelajaran yang kontekstual.Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru IPA agar mampu mebuat media pembelajaran yang kontekstual dengan menggunakan PowerPoint. Media pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada ujian nasional. Adapun subjek dalam kegiatan ini adalah guru-guru SMP Negeri 11 Merauke yang terletak di Distrik Sota yang merupakan daerah perbatasan antara RI dengan Papua New Guinea yang berjumlah 15 orang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah dengan melakukan pelatihan, pendampingan serta pembuatan media pembelajaran IPA yang kontekstual dengan mengintegrasikan ke dalam PowerPoint. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menggunakan PowerPoint untuk media pembelajaran sebesar 24,5%, yaitu dari 27,3% menjadi 45,7%. Secara umum, pengetahuan dan kemampuan guru menggunakan PowerPoint sebagai media pembelajaran masih tergolong rendah cukup rendah. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh stakeholder untuk memperhatikan kemampuan guru di dalam menggunakan TIK, khususnya yang berhubungan langsung dengan pembelajaran. Hal ini tentunya akan mendukung karakteristik pembelajaran abad 21 serta pembelajaran di era revolusi industri 4.0 (I4.0).
Keywords
References
Abidin, M. M., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil pada Sekolah Mengengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).
Bahri, S., Arafah, K., & Arsyad, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Komputer. In M. Palobo, A. K. Hidayat, O. Dadi, & Nataniel Reinold (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan - Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran dalam Rangka Percepatan Pembangunan di Daerah Pinggiran (pp. 111–117). Merauke: FKIP Universitas Musamus.
Fitryanti, & Siti Fatimah. (2014). Penggunaan Multimedia untuk Meningkatkan hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Perbankan di Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Forum Sosial, 7(1), 3–15.
Kemdikbud. (2018). Data Pokok Pendidik Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved April 12, 2018, from dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.od/sekolah/ A3D9B8FDE3D04F4BAC44
Khasanah, N., & Hidayati, Y. (2017). Pengaruh Pengguunaan LKS Berbantuan Media PowerPoint yang Dilengkapi Animasi pada Model Direct Instruction terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 5 Bukit tinggi. Pillar of Physics Education, 10(1), 65–72.
Ma’rifah, M., & Sumadi. (2016). Pengaruh Penerapan Media PowerPoint dalam Pembelajaran Fisika terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasa Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 96–103.
Riasti, M. F., Suyatna, A., & Ismu Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Interaktif Model Tutorial pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pembelaja, 4(1), 81–91. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh kreativitas belajar, penggunaan media pembelajaran powerpoint, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi belajar sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 2(2).
Turrahmi, N., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Microsoft Office Power Point pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk SMP Kelas VII. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 1–10.
DOI: 10.30595/jppm.v0i0.4104

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
Status Reakreditasi


![]() |
|
Statcounter