Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kerajinan Anyaman Tali Plastik Packing Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga

Lailatul Nuraini, Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono

Abstract


Limbah yang berasal dari plastik merupakan masalah serius bagi lingkungan, sifat plastik yang terurai dalam waktu yang sangat lama menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan. Salah satu upaya mengurangi keberadaan tali plastik adalah dengan memperpanjang umur plastik seperti mendaur ulang tali plastik menjadi berbagai jenis barang kerajinan, seperti tas. Permasalahan muncul saat mitra tidak dapat memenuhi permintaan inovasi produk yang dihasilkan serta belum optimalnya proses produksi dan manajemen. Permasalahan inovasi produk karena keterbatasan ide dan informasi yang diperoleh tentang berbagai bentuk inovasi produk yang sekiranya dapat dikembangakan. Permasalahan manajeman yang dialami mitra yaitu belum adanya pembukuan yang mencatat aktivitas keuangan usaha, serta pemasaran yang masih konvensional dan kurangnya kesadaran masyarakat sekitar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tujuan pengabdian masyarakat ini diantaranya  meningkatkan kualitas dan kuantitas produk kerajinan dari limbah tali plastik packing dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha dan ibu-ibu di lingkungan sekitar, serta berkurangnya tingkat pengangguran di lingkungan sekitar usaha. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan antara lain berdiskusi dengan mitra untuk mendapatkan solusi permasalahan dengan memberikan masukan-masukan dari pengalaman selama melakukan usaha pembuatan tas tali plastik, mengadakan pelatihan dalam mendesain inovasi produk dari limbah tali plastikdan menyiapkan perangkat yang dibutuhkan dalam pelatihan manajemen usaha dan pembukuan pencatatan keuangan. Hasil pengadian berupa inovasi produk hasil anyaman limbah tali plastik serta tentang peningkatan kualitas dan kuantitas proses produksi melalui pengembangan inovasi produk yang dihasilkan. Dengan demikian, perlu upaya berkelanjutan guna meningkatkan pendampingan bagi usaha masyarakat agar semakin berdaya.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat; Kerajinan Anyaman; Tali Plastik Packing

References


Caglar, A., & Aydinli, B., 2009, “Isothermal co-Pyrolysis of Hazelnut Shell and Ultra-High Molecular Weight Polyethylene: The Effect of Temperature and Composition on the Amount of Pyrolysis Products” Journal of Analytical and Applied Pyrolysis. 86 , 304–309.

Prasetiya, F. (2016). Analisis Swot Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Pada Aspek Produksi Pt. Platinium Ceramics Industry Surabaya. Branchmarck, 2(4).

Rustiarini, N. W., & Widyani, A. A. D. (2015). Pembinaan Aspek Manajemen pada Kelompok Usaha Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 4(2).

Silviana & Farid, A., 2015, “IbM Usaha Kerajinan Anyaman dari Tali Plastik Limbah Industri Tekstil di Kota Probolinggo”, Universitas Widyagama Malang.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, 2008, “Statistik Persampahan Indonesia Tahun 2008”.

Tiraihati, Z. W. (2018). Analisis Promosi Kesehatan Berdasarkan Ottawa Charter di RS Onkologi Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 5(1), 1-12.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i1.7589

Copyright (c) 2022 Lailatul Nuraini, Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347