Pendampingan Penyusunan E-LKPD Berbasis Kompetensi di SMPN 25 Malang

Daroe Iswatiningsih, Fida Pangesti, Lila Puspitasari, Dluhayati Dluhayati

Abstract


Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran berubah dari pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring. Dalam merespon perubahan tersebut, dibutuhkan inovasi dan pemanfaatan teknologi agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaraan tercapai, salah satunya dalam hal lembar kerja peserta didik. Sehubungan dengan itu, Ipteks bagi Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penyusunan lembar kerja peserta didik elektorik (e-LKPD) berbasis kompetensi dengan menggunakan moda Google Form. Sasaran kegiatan ini adalah kepala sekolah dan seluruh guru SMPN 25 Kota Malang. Metode yang diterapkan adalah workshop dan pendampingan. Workshop disampaikan secara daring dengan materi yang berfokus pada LKPD, e-LKPD, dan pemanfaatan Google Form dalam penyusunan e-LKPD. Hasil kegiatan ini berupa keterampilan dalam menyusun e-LKPD oleh seluruh guru SMPN 25 Kota Malang. E-LKPD ini selanjutnya diterapkan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.


Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik; Google Form; Pembelajaran Daring

References


Anggraini, Widy, Yenny Anwar, Kodri Madang. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7e Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas Xi SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 3, Nomor 1, Mei 2016.

Anita, Yulia, Saleh Hidayat, Haryadi. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Pengklasifikasian Ikan Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No.1, Hal. 1 - 14.

Astuti, Y dan B. Setiawan. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Tahun 2013, Vol, 2, (1) Hal. 88-92.

Dermawati, Nursyamsi, Suprapta, Muzakkir. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 7 No. 1, Maret 2019.

Direktorat Pembinaan Sekolah menengah Pertama Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud. 2016. Panduan GLS di Sekolah Menengah Pertama.

Elfina, Sisra dan Ike Sylvia. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 September 2020.

Fitriati, Azmi, Subuh ANggoro, dan Sri Harmianto. 2020. Islamic Caracter Sebagai Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Alternatif Pemantauannya. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 31-36.

Sari, Y. (2011). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Kaki Lima di GALABO (Gladag Langen Bogan) Solo Tahun 2011. Skripsi. Universitas Negeri Surakarta

Suyono. 2009. “Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasi di Sekolah”. Jurnal Bahasa dan Seni, tahun 37, Nomor 2, Agustus 2009.

Thomplins, Gail E. dan Kenneth Hoskisson. 1991. Language Arts: Content and Teaching Strategies. New York: Max Wwell Macmillan International Publishing Group.

Widyantini, T. (2013). Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 1-10

Zaraturrahmi, Adlim, dan Zulkarnen. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah Pada Pokok Bahasan Cermin Untukmeningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajarsiswa Di Smp Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.04, No.01, hlm. 178-186, 2016.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v6i2.9485

Copyright (c) 2022 Daroe Iswatiningsih, Fida Pangesti, Lila Puspitasari, Dluhayati Dluhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347