Penerapan Open CMS untuk Membangun Website UMKM UD. Tirta Sentir Jaya di Desa Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

Authors

  • Arif Johar Taufiq Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto http://orcid.org/0000-0001-8023-8796
  • Dimara Kusuma Hakim Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Sains Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Muhammad Taufiq Tamam Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hermin Endratno Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/jpts.v2i02.14417

Keywords:

open cms, wordpress, UMKM, UD Tirta Sentir Jaya

Abstract

UMKN di desa sangat membutuhkan penerapan teknologi, salah satunya dengan membangun website perusahaan agat produk dan profil perusahaan dikenal oleh konsumen. Teknololgi website yang digunakan adalah open CMS Worpress. Pelaksanaan program dimulai dengan penggalian data, pemilihan domain dan hosting serta pembangunan webitse, selama proses berjalan difasilitasi pendampingan pengoperasian dan pengisian data website. Berdasarkan hasil pengamatan perusahaan menjadi lebih dikenal oleh konsumen dan diharapkan terjadi peningkatan volumen penjualan walaupun belum siginifikan. Selaa proses berlangsung diharapkan dakan semakin banyak dineka dan lebih banyak meningkatan volumen penjualan.

Author Biography

Arif Johar Taufiq, Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

SintaID : 6029938

Google Scholar: DuC1y40AAAAJ

Scopus ID 57204199806

ORCID number: https://orcid.org/0000-0001-8023-8796

References

Chen, Y., & Wu, C. (2016). Influence of website design on consumer emotion and purchase intention in travel websites. International Journal of Technology and Human Interaction (IJTHI), 12(4), 15-29. http://doi.org/10.4018/IJTHI.2016100102

Hafizul Islam, Charles Jebarajakirthy & Amit Shankar, (2021). An experimental based investigation into the effects of website interactivity on customer behavior in on-line purchase context, Journal of Strategic Marketing, 29:2, 117-140, DOI: 10.1080/0965254X.2019.1637923
Huei-Huang Kuan, Gee-Woo Bock & Vichita Vathanophas. (2008). Comparing the effects of website quality on customer initial purchase and continued purchase at e-commerce websites, Behaviour & Information Technology, 27:1, 3-16, DOI: 10.1080/01449290600801959

Kurniawan, A. P. (2018). Pembangunan sistem informasi pengolahan data produksi pada UMKM konfeksi berbasis website. Journal of technopreneurship and information system, 1(3), 80-84.

Moh. Dani Ariawan, Agung Triayudi, Ira Diana Sholihati, (2020). Perancangan user interface design dan user experience mobile responsive pada website perusahaan. Volume 4 Nomor 1 Januari 2020 hal 160-166, Jurnal Media informatika Budidarma.

Patel, S.K., Rathod, V.R. and Prajapati, J.B., (2011). Performance analysis of content management systems-Joomla, Drupal and Wordpress. International Journal of Computer Applications, 21(4), pp.39-43.

Patel, S.K.,Rathod, V.R and S.Parikh, (2011). Joomla, Drupal and WordPress - a statistical comparison of open source CMS, 3rd International Conference on Trendz in Information Sciences & Computing (TISC2011), 2011, pp. 182-187, doi: 10.1109/TISC.2011.6169111.

Patel, S.K., Patel, J.A. and Patel, A.V., (2012). Statistical Analysis Of Seo For Joomla, Drupal And Wordpress. International Journal of Computer Applications, 52(3), pp.1-5.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. jurnal ilmiah bisnis dan ekonomi asia, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rudika Harminingtyas, (2014). Analisis layanan website sebagai media promosi, media transaksi dan media informasi dan pengaruhnya terhadap brand image perusahaan pada hotel Ciputra di kota Semarang, Jurnal Stie Semarang, VOL 6, NO3, Edisi Oktober 2014 (ISSN : 2252–7826)

Ruth C. King, Richard A.M. Schilhavy, Charles Chowa & Wynne W. Chin. (2016). Do customers identify with our website? the effects of website identification on repeat purchase intention, International Journal of Electronic Commerce, 20:3, 319-354, DOI: 10.1080/10864415.2016.1121762.

Downloads

Published

2022-08-15

Issue

Section

Articles