Pelatihan Ekstraksi Zat Warna Alami dan Pengolahan Limbah Zat Warna Tekstil Bagi Pengrajin Batik di Banyumas

Anwar Maruf, Regawa Bayu Pamungkas, Neni Damajanti, Abdul Haris Mulyadi, Dini Nur Afifah

Abstract


Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah sebagai sentra pengrajin batik dalam bentuk usaha kecil dan menengah (UMKM). Proses pewarnaan batik tradisional di Kabupaten Banyumas pada umumnya menggunakan pewarna sintetis. Keunggulan pewarna batik sintetis adalah warnanya yang cerah dan tahan lama. Akan tetapi pewarna batik sintetis memiliki kelemahan, yaitu limbahnya dapat mencemari lingkungan karena tidak bisa terdegradasi.  Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberi pengetahan dan praktek teknik-teknik ekstraksi zat warna alami dan pengoalahn limbah zat warna kain batik. Peserta pelatihan adalah para pengrajin batik di kabupaten Banyumas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 95% peserta memiliki skore diatas 80, hal ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan telah meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam ekstraksi zat warna alami dan pengolahan limbah.


Keywords


ekstraksi, zat warna alami, batik, limbah batik

References


Bahri, S. 2019. Ekstraksi Kulit Batang Nangka menggunakan Air untuk Pewarna Alami Tekstil. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 8(2):73 - 88

Fadli, R.K., Riswanto, A.S., Aji, D., dan Widiasih, W. 2018. Aplikasi Elektrokoagulasi untuk Pengolahan Limbah Batik. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(2): 158 – 162.

Indrayani, L. 2018. Pengolahan Limbah Cair Industri Batik Sebagai Salah Satu Percontohan Ipal Batik Di Yogyakarta. Ecotrophic, 12(2): 173 – 184.

Jannah, I. N. dan Muhimmatin, I. 2019. Pengelolaan Limbah Cair Industri Batik Menggunakan Mikroorganisme di Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Warta Pengabdian, 13 (3): 106-115.

Murniati, T., dan Muljadi. 2013. Pengolahan Limbah Batik Cetak dengan Menggunakan Metode Filtrasi-Elektrolisis untuk Menentukan Efisiensi Penurunan Parameter COD, BOD, dan Logam Berat (Cr) Setelah Perlakuan Fisika-Kimia. Ekuilibrium, 12(1): 27 – 36.

Puspawati, S.W. 2017. Alternatif Pengolahan Limbah Industri Tempe dengan
Kombinasi Metode Filtrasi dan Fitoremediasi. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pengelolaan Limbah XV – 2017.

Sulaeman, S., Lestari, K., dan Sutadi, S. 1996. Pengolahan Limbah Cair Batik Proses Pencelupan Naphtol untuk Memperkecil Kadar Pencemar. Dinamika Kerajinan dan Batik, 15: 46 – 51.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v3i02.17055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294