Pendampingan Digital Marketing Produk Perikanan untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Juanita Juanita, Dini Siswani Mulia, Hardiyanto Wibowo, Karma Iswata Eka

Abstract


ABSTRAK

UMKM di Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian perlu ditingkatkan kualitas produknya untuk tetap eksis di pasar. Desa Panembangan yang sedang dikembangkan sebagai “smart fisheries village” mempunyai banyak potensi salah satunya pengembangan hasil olahan ikan yang dihasilkan warga masyarakat. Terdapat permasalahan mitra pada kelompok pengolahan dan pemasaran (Poklahsar) produk perikanan di desa Panembangan yaitu 1) Pemasaran masih menggunakan metode konvensional dengan cara menitipkan produk ke pedagang dan warung sekitar lokasi sehingga kurang maksimal dalam pemasaran produk, 2) Kurangnya pemahaman pengelola mengenai pentingnya promosi menggunakan digital marketing. Solusi mengatasi permasalahan mitra tersebut yaitu 1) memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya digital marketing melalui pelatihan, 2) Memberikan peningkatan pengetahuan kelompok pengolah dan pemasaran produk perikanan melalui demonstrasi dan pendampingan. Target capaian IbM UMKM adalah 1) Peningkatan pengetahuan dan pemahaman digital marketing produk perikanan pada kelompok pengolah dan pemasaran, 2) Peningkatan kemampuan peserta pada strategi pemasaran produk berbasis teknologi IT, 3) Memberikan alternative strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan dan tuntutan era digital. Hasil pendampingan dan pelatihan diperoleh peningkatan pemahaman digital marketing produk melalui media sosial youtube dan google map. Khususnya kemasan perlu perbaikan pada desain dan pengolahan khususnya produk abon untuk keawetan produk yang dihasilkan.

ABSTRACT

MSMEs in Indonesia, as the backbone of the economy need to improve the quality of their products to remain in the market. Panembangan Village, developed as a "smart fisheries village", has potential that is the development of processed fish products produced by community members. There are partner problems in the processing and marketing group (Poklahsar) of fishery products in Panembangan village, namely 1) Marketing still uses conventional methods by leaving products to traders and stalls around the location so that it is not optimal in marketing products, 2) Lack of understanding of the manager about the importance of promotion using digital marketing. Solutions to overcome these partner problems are 1) providing knowledge and understanding of the importance of digital marketing through training, and 2) Providing increased knowledge of fishery product processing and marketing groups through demonstrations and mentoring. The achievement targets of IbM are 1) increased knowledge and understanding of digital marketing of fishery products in processing and marketing groups, 2) increasing the ability of participants in IT based product marketing strategies, 3) Providing alternative marketing strategies by the development and demands of the digital era. The results of mentoring and training obtained an increased understanding of the digital marketing of products through social media YouTube and google Maps. Packaging needs improvement in design and processing, especially shredded products for the durability of the products produced.

 


Keywords


UMKM, digital marketing, poklahsar, olahan ikan.

References


Aprilia, L., Candraningrum, D. A., & Pandrianto, N. (2019). Strategi Content Marketing Untuk Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Video Aftermovie Djakarta Warehouse Project). Prologia, 3(1), 177. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6236

Dewi, T. A., Ningrum, & Rahmawati, Y. (2021). Pelatihan Branding Dan Packaging Kerajinan. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 1–9.

Eka Sari, W., Yulianto, Y., Junirianto, E., Franz, A., Karim, S., & Khamidah, I. M. (2021). Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 10. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174

Fawahan, L., & Marianingsih, I. (2021). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640

Hadiyati, E., Orbaningsih, D., & Mulyono, S. (2015). IbM WARUNG WISATA SELOREJO: PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGELOLA UMKM WARUNG SELOREJO DALAM TATAKELOLA KEUANGAN, PEMASARAN DAN PELAYANAN KONSUMEN. SHARE (Journal of Service Leaarning), 3(1), 20–27. https://doi.org/10.9744/share.3.1.20-27

Juanita, J., & Supriyatno, E. (2021). Pelatihan Desain Grafis Sebagai Media Dalam Kemudahan Penyampaian Syiar Islam. Dharma Bhakti Ekuitas, 6(1), 589–593. https://doi.org/10.52250/p3m.v6i1.402

Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Oktaviani, F., Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Nf, A. G., & N, D. R. (2018). Penguatan produk UMKM “ Calief ” melalui strategi branding komunikasi. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 348–354.

Pratama Yudha, I. P. W. C., Suarjaya, I. M. A. D., & Raharja, I. M. S. (2020). Rancang Bangun Marketplace Pemesanan Jasa Dokumentasi Foto dan Video Pernikahan Berbasis Web. Techno.Com, 19(4), 468–480. https://doi.org/10.33633/tc.v19i4.3947

Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683

Riyadi, S., Sufa, S. A., & Susilo, D. (2019). Strategic marketing of video on Facebook: Impacting promotion of Malang Strudel. International Conference ADRI, November, 1–5.

Saputri, N. A., & Mawardi, F. D. (2022). Digital Marketing : Pendampingan Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Kota Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.22219/janayu.v3i2.21976

Suryana, S. F., Jajat, Ardiwinata, S., & Pramudia, J. R. (2005). Peran Pendamping Dalam Meningkatkan Wirausaha Melalui Pemanfaatan Program Dana Desa. Journal of Occupational Health, 47(5), 236–237.

Velia, V., & Candraningrum, D. A. (2019). Pengaruh Viral Marketing Video Promosi Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Goreng iONG. Prologia, 3(2), 358. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6358

Wibisono, Y. P., Primasari, C. H., & Setiawan, D. (2021). Pendampingan dan Pembuatan Konten Video untuk Mendukung Pemasaran melalui Media Sosial Bagi UMKM Fashion. Jurnal Pengabdi, 4(2), 113. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v4i2.45995


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v4i2.22051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294