Komparasi Karakteristik Marshall AC-BC dengan Penggunaan Limbah Ban Luar dan Limbah Steel Slag sebagai Pengganti Agregat Kasar

Authors

  • Senja Rum Harnaeni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Putri Rahayu Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rama Pratama Balich Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gina Aulia Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrst.v6i2.15355

Keywords:

Campuran Aspal AC-BC (Asphalt Concrete Wearing Course), Karakteristik Marshall, Limbah Ban Luar Kendaraan, Limbah Steel Slag

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia mengakibatkan meningkatnya jumlah pemakaian jalan dikarenakan semakin banyak orang melakukan perjalanan. Dalam rangka untuk mengurangi limbah yang ada disekitar maka digunakan limbah steel slag dan ban luar bekas kendaraan sebagai pengganti agregat kasar untuk campuran aspal panas pada perkerasan lentur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik Marshall campuran aspal AC-BC (Asphalt Concrete Wearing Course) dengan menggunakan limbah ban luar kendaraan dan limbah steel slag sebagai pengganti agregat kasar. Metode pengujian diawali dengan pengujian karakteristik dan bahan campuran aspal, selanjutnya menentukan kadar aspal optimum campuran aspal AC-BC. Pengujian Marshall dilakukan dengan variasi limbah masing-masing 0%, 10%, 20%, 30% dan 40%. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil bahwa campuran aspal AC-BC dengan menggunakan agregat pengganti limbah steel slag didapatkan nilai stabilitas tertinggi pada variasi limbah 20% yaitu 1900,43 kg; nilai flow dan nilai VFWA tertinggi pada variasi limbah 40% masing-masing adalah  3,50 mm, 78,40%; dan   nilai MQ, nilai VMA, nilai VIM tertinggi pada campuran 10% steel slag yaitu sebesar 649,04 kg/mm, 16,25%, dan 4,48%. Untuk penggunaan limbah ban luar kendaraan didapatkan hasil nilai stabilitas, nilai MQ & nilai VFWA tertinggi pada campuran 10% ban luar kendaraan yaitu 1150,02 kg, 363,55 kg/mm & 70,57%, nilai Flow, nilai VMA, & nilai VIM tertinggi pada campuran 40% yaitu 3,50%, 16,89%, dan 5,33%.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik Marshall campuran aspal AC-BC dengan menggunakan limbah steel slag lebih baik digunakan sebagai material pengganti agregat kasar daripada limbah ban luar kendaraan.

References

Bethary, R. T., Intari, D. E., & Septian. (2016). Kinerja Campuran Lapis Aus (AC-WC) Yang Memakai Material Rap dan Slag. Proceedings Of The 19th International Symposium Of Fstpt, 7(October), 820–830.

Bina Marga. (2018). Spesifikasi Bina Marga 2018-Divisi 6.

Demmalino, U. A., Sielviana, C., Lambe, W., Rachman, R., Marga, S. B., Kunci, K., Marshall, K., HRS-Base, L., & Nikel, S. (2019). Pengujian Slag Nikel sebagai Pengganti Agregat pada Campuran HRS-Base. Paulus Civil Engineering Journal Vol 1 No 2.

Devi, S. (2017). Pengaruh Penambahan Limbah Steel Slag dalam Campuran AC-WC sebagai Pengganti Agregat Kasar No . ½ †dan No . 8. Tugas Akhir S1 Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Gan, Y., Li, C., Zou, J., Wang, W., dan Yu, T. (2022) Evaluation of the impact factors on the leaching risk of steel slag and its asphalt mixture, Case Studies in Construction Materials, Volume 16.

Herman, F. (2019) Studi Karakteristik Penggunaan Serbuk Ban Bekas (Perkerasan AC dan HRS). UNIMAL PRESS. Lhokseumawe

Charly Laos, Gedy Goestiawan, Paravita Sri Wulandari, Harry Patmadjaja. (2015). Pengaruh Penambahan Serbuk Ban Karet pada Campuran Laston Untuk Perkerasan Jalan Raya. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, Vol. 4 No. 2.

Halimu, O., Fitriah., & Sulha. (2018). Uji Karakteristik Marshall Campuran Laston AC-BC Menggunakan Material Batu Kapur dan Variasi Aspal Kabungka dengan Kadar Aspal. Jurnal Stabilita Vol. 6 No. 3.

Khairani, C., Saleh, S. M., & Sugiarto, S. (2018). Uji Marshall pada Campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) Dengan Tambahan Parutan Ban Bekas. Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 559–570.

Liu, J., Chen, S., Liu, Q., Wang, Y., dan Yu, B. (2022). Influence of steel slag incorporation on internal skeletal contact characteristics within asphalt mixture, Construction and Building Materials, Volume 352.

Manguna, F., Alpius., Kamba, Charles (2020). Pengaruh Penggunaan Slag Nikel terhadap Indeks Kekuatan Sisa Campuran HRS-WC. Civil Engineering Journal. Volume 2 No 3.

Martina, N., Fathur, M., Hasan, R., Setiawan, Y., Teknik, J., Politeknik, S., & Jakarta, N. (2008). Pengaruh Serbuk Ban Bekas sebagai Campuran Agregat Halus pada Campuran Aspal Porous. Wahana Teknik Sipil Vol. 24 No. 2 Desember 2019 144 - 152

Putra, K. L., Prakoso, R. Y., & Muchtar, Z. (2019). Pengaruh Penambahan Limbah Serbuk Ban sebagai Pengganti Agregat Halus Terhadap Stabilitas Lapisan AC-WC. Jurnal Pilar Vol 14 No 1.

Rahmawati, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Limbah Steel Slag sebagai Pengganti Agregat Kasar Ukuran 1/2" dan 3/8" pada Campuran Hot Rolled Sheet_Wearing Course(HRS-WC). Dinamika Rekayasa.Vol. 13, No.1. Hal 10-17.

Rini, T. K., Pratama, W., & Amarwati, A. (2015). Pengaruh Penambahan Limbah Karet Ban terhadap Kuat Tekan Marshall Pada Campuran Beton Aspal. Jurnal Kalibrasi - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri., 10(0),79-102.

Riyanto, A. dan Pramesti, Y. (2022). Pemanfaatan Limbah Plastik dengan Teknologi Daur Ulang pada Hot Rolled Asphalt Ditinjau dari Aspek Properties Marshall, Nilai Ketidakrataan, dan Durabilitas. Jurnal Dinamika Teknik Sipil, Volume 15 No 1.

Saleh, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Zeolit Alam Sebagai Filler Pada Campuran AC-BC ditinjau dari Nilai Vitm. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, Vol 4, No. 1. 36–42.

Satyagraha, F. (2018). Limbah Ban dalam Bekas Kendaraan dan Filler Limbah Karbit Pada Laston (AC-BC) terhadap Karakteristik Marshall. Proyek Akhir D3 Universitas Negeri Yogyakarta.

Soandrijanie, J. F., Yohanes, L., & Sitohang, B. (2017). Pengaruh Steel Slag sebagai Pengganti Agregat Kasar dengan Filler Fly Ash pada Laston AC-WC. Fakultas Teknik Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Solikin, M. (2021). Analisis Pemakaian Kombinasi Fly Ash Tipe F Dan Slag 1:1 Pada Beton Geopolymer Dengan Na2SiO3 Dan NaOH Sebagai Alkali Aktivator: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Dinamika Teknik Sipil, Volume 14 No 1.

Trinugroho, S. (2021). Analisis Pengaruh Bahan Tambah Serbuk Arang Briket dan Bestmittel pada Kuat Tekan Beton. Jurnal Dinamika Teknik Sipil, Volume 14 No 2.

Warith, M. A. & R. S. M. (2006). Predicting The Compressibility Behaviour Of Tire Shred Samples For Landfill Applications, Elsevier.

Yang, C., Wu, S., Xie, J., Amirkhanian, S., Liu, Q., Zhang, J., Xiao, Y., Zhao, Z., Xu, H., Li, N., Wang, F., dan Zhang, L. (2022). Enhanced induction heating and self-healing performance of recycled asphalt mixtures by incorporating steel slag, Journal of Cleaner Production, Volume 366.

Zulfichar, A. (2012). Pengaruh Penambahan 'Limbah Karet Ban Dalam' terhadap Karakteristik Marshall pada Lapisan Aspal Beton (Laston). Tesis Universitas Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Harnaeni, S. R., Lestari, P. R., Balich, R. P., & Aulia, G. (2022). Komparasi Karakteristik Marshall AC-BC dengan Penggunaan Limbah Ban Luar dan Limbah Steel Slag sebagai Pengganti Agregat Kasar. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 6(2), 211–220. https://doi.org/10.30595/jrst.v6i2.15355