Analisa Tingkat Pelayanan Jalan Akibat Penutupan Palang Pintu Perlintasan Kereta Api
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrst.v8i1.20938Keywords:
Perlintasan Sebidang, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan JalanAbstract
Perlintasasan sebidang antara jalan raya dan kereta api menjadi titik potensi kemacetan. Perlintasan kereta api tersebut salah satunya di Banyumas yang menghubungkan Stasiun Sumpiuh dan Stasiun Tambak dengan jalur ganda dengan frekuensi kereta api yang cukup tinggi untuk perjalanan kereta api lintas selatan. Selain itu, hambatan samping yang terjadi pada perlintasan sebidang kereta api juga menjadi penyebab kemacetan diruas Sumpiuh. Penelitian dilakukan dengan survei lapangan selama dua hari pada hari libur dan hari kerja. Analisis data didasarkan pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Data hasil survei meliputi survei geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, kinerja jalan dan tingkat pelayan jalan. Berdasarkan hasil survey diperoleh volume kendaraan maksimum pada hari libur jam puncak sore pukul 17.00 -18.00 WIB sebesar 2.698 skr/jam sedangkan pada hari kerja jam puncak pagi pukul 06.45-07.45 WIB sebesar 2.914 skr/jam. Kelas hambatan samping terjadi pada hari libur termasuk tinggi (H) dan pada hari kerja sangat tinggi (VH). Derajat kejenuhan pada hari libur jam puncak sore bernilai 0,93 termasuk tingkat pelayanan jalan E dimana kondisi operasional arusnya tidak stabil dan kecepatan kadang terhenti dan pada hari kerja jam puncak pagi bernilai 1,05 termasuk tingkat pelayanan F dimana kondisi jalan tersebut terjadi antrian kendaraan yang panjang dengan kepadatan lalu lintas  yang tinggi.
References
Andreas, Jose, Andri Irfan Rifai, and Mohamad Taufik. 2023. “The Analysis of Road Service Level Due to Rail Crossing: A Case of Railway Cisauk Station Area, Tangerang Indonesia.” Indonesian Journal of Multidisciplinary Science 1(1): 357–68.
Asfiati, Sri Mutiara, Dinda Tri. 2020. “Progress in Civil Engineering Journal UMUM ( Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang , Bantan Timur , Kecamatan Medan Tembung ).” Progress in Civil Engineering Journal 2(1): 31–41.
“BPS Kabupaten Banyumas.” https://banyumaskab.bps.go.id/statictable/2023/11/14/495/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-di-kabupaten-banyumas-2022.html (November 20, 2023).
Budhi, Wahyu Satyaning, and Hera Widyastuti. 2020. “Prediksi Tingkat Pelayanan Jalan Rel Akibat Pembangunan Double Track.” Jurnal Aplikasi Teknik Sipil 18(2): 223–30.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta.
Kementrian Perhubungan Indonesia. 2018. “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 94 Tahun 2018 Tentang Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api Dengan Jalan.” (1322): 4.
Khisty, C Jotin, and B. Kent Lall. 2005. Transportation Engineering an Introduction 3rd Edition Terj. Fidel Miro.
Kuncoro, Ragil Budi, Silvia Yulita Ratih, and Luky Primantari. 2022. “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan Pada Perlintasan Sebidang Dengan Rel Kereta Api.” Scer: 11–21.
Lukita, Marulin Febrita, Susanty Handayani, and Zaenal Abidin. 2022. “Analisis Antrian Dan Tundaan Akibat Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Simpang Stasiun Bekasi.” Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 2(4): 582–91.
“Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Kereta Api.” 2009.
Putra Iswanto, Ary et al. 2022. “Analisis Peningkatan Keselamatan Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api Tanggulangin-Porong (Studi Kasus : JPL 75 KM 31 +368 ).” Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety 9(2): 92–102.
Romadhona, Prima Juanita, and Shafira Artistika. 2020. “Pengaruh Penutupan Perlintasan Sebidang Kereta Api Di Jalan h.o.s. Cokroaminoto, Yogyakarta.” Jurnal Rekayasa Sipil (JRS-Unand) 16(2): 119.
Romanowska, Aleksandra, and Kazimierz Jamroz. 2021. “Comparison of Traffic Flow Models with Real Traffic Data Based on a Quantitative Assessment.” Applied Sciences (Switzerland) 11(21).
Tamin. 2000. Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.
Widyastuti, H., A. Utami, and Z. M. Dzulfiqar. 2019. “Model of Queuing in the Railway Level Crossing (Case Study: Imam Bonjol Railway Level Crossing in Blitar).” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 650(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cremona Ayu Novita Sari, Sulfah Anjarwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.