Perancangan IT Balanced Scorecard dalam Penyusunan Strategic Map Perguruan Tinggi (Studi kasus: Institut Teknologi Telkom Purwokerto)
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrst.v2i1.2357Keywords:
IT Balanced Scorecard, IT Governance, SWOT, strategy mapsAbstract
Kebutuhan Teknologi Informasi (TI) didalam institusi pendidikan menjadi kebutuhan yang sangat mutlak di saat ini.  Kebutuhan Teknologi Informasi juga menjadi peranan penting untuk meningkatkan kinerja institusi pendidikan khususnya di Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Peranan IT Balanced Scorecard menjadi keunggulan tersendiri demi tercapainya visi misi ITTP sebagai kampus yang sangat mengedepankan TI baik itu di dalam kinerja manajemen dan pendidikan. Keunggulan IT Balanced Scorecard salah satunya adalah mendukung IT Governance, ini sangat diperlukan institusi untuk dapat menciptakan adanya sebuah keselarasan bisnis dan teknologi informasi demi mewujudkan continuous improvement ITTP. Permasalahan di ITTP saat ini dalam hal kegiatan perencanaan kinerja TI belum mengacu atau berpedoman ke sebuah standar tertentu. Kondisi yang terjadi sekarang adalah masing-masing unit/bagian merumuskan kebutuhan mereka secara subjektif dan tanpa pertimbangan khususnya di bagian IT Support. Penelitian ini bertujuan untuk merancang IT Balanced Scorecard yang nantinya akan digunakan untuk mengukur kinerja IT ITTP. Penelitian ini dimulai dengan menganalisa visi misi dan strategi yang didasarkan dari renstra ITTP dan menganalisis SWOT IT yang ada di ITTP untuk mengetahui kondisi saat ini. Kemudian penulis menganalisis matriks TOWS untuk mengetahui strategi dan KPI terbaik untuk ITTP kedepannya. Untuk membangun sasaran strategis dan strategy maps yang tepat, penulis mengacu kepada renstra ITTP agar terciptanya keselarasan bisnis dan IT. Langkah selanjutnya adalah dengan memetakan KPI hasil dari analisa matriks TOWS ke dalam sasaran strategi yang sudah dibentuk, sehingga IT Balanced Scorecard dapat terbentuk. Keobjektivitasan penelitian sangat mutlak diperlukan dalam membangun IT Balanced Scorecard sehingga penelitian pada studi kasus ini dapat menghasilkan 12 sasaran strategis dan menghasilkan 20 KPI yang akan digunakan sebagai ukuran kinerja IT Balanced Scorecard.
 Kata Kunci : IT Balanced Scorecard, IT Governance, SWOT, strategy maps
References
Brynjolfsson E. 1994. The productivity paradox of information technology: Review and assessment. Center for Coordination Science, MIT Sloan School of Management, Cambridge, Massachusetts.
Brynjolfsson E, Lorin M & Hitt. 1998. Beyond the productivity paradox: Computers are the catalyst for bigger changes, Forthcoming in the Communications of the ACM.
Chircu, Alina, M., Kauffman, J. Robert & Keskey, Doug. 2001. Maximizing the value of internet-based corporate travel reservation systems. Communications of the ACM, November, V44, I11, pp-57- 63.
Herdiansyah, Kunang, Akbar. 2014, IT Strategy Alignment in University Using IT Balanced Scorecard Framework, Article in Advanced Science Letters , DOI: 10.1166/asl.2014.5685 Adv. Sci. Lett. 20, 2038-2041.
Indrawan, R. 2008. Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Secara Produktif, Terukur, Berkelanjutan, dan Akuntabel Dalam Kaitannya Dengan Membentuk Lulusan Yang Cerdas dan Kompetitif. Jabar & Banten. Retrieved from https://rullyindrawan.files.wordpress.com/2013/02/paradigma-perguruan-tinggi.pdf
IT Governance Institute (ITGI), ISACA. (2005). measuring and demonstrating value of IT.
IT Telkom Purwokerto. 2018, Struktur Organisasi. Retrieved from http://ittelkom-pwt.ac.id/about-us/organisasi/
Lee, A. H. I., Chen, W., & Chang, C. 2008. A fuzzy AHP and BSC approach for evaluating performance of IT department in the manufacturing industry in Taiwan. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2006.08.022
Maria. 2011, Perbandingan Sistem Informasi Akademik Universitas Kristen Satya Wacana Menggunakan COBIT Framework, Journal of Eonomic Foccus, vol 10, no. 2 hal 140-149. ISSN 1412-3851.
Mason G., Wagner K., Finegold D., & Keltner B. 2000. The “IT Productivity Paradox” Revisited: International Comparisons of Information Technology, Work Organisation and Productivity in Service Industries, Vierteljahrshefte zur Wirtschaftsforschung 69. Jahrgang, Heft 4/2000, S. 618–629.
Ristekdikti. 2014. Good University Governance (GUG). Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/statuta/latih/2014/03GoodUniversityGovernance.pdf
Unit Sisfo. 2015, ST3 Telkom Purwokerto Information Technology Blue Print.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Wahyu Adi Prabowo, Yudha Saintika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.