Implementasi Konseling Behavioral terhadap Permasalahan Perilaku Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

Tamara Avrelia Damayant, Farah Dilla Nur Jihan, Sabina Ezra Arzettisyah

Abstract


Tujuan dari artikel ini yaitu untuk implementasi konseling behavioral terhadap permasalahan perilaku peserta didik SMA. Kenakalan remaja ini pada umumnya dilakukan oleh peserta didik yang berada di sekolah menengah atas. Yang dimana kenakalan remaja ini seringkali dilakukan oleh peserta didik, yaitu seringnya mereka merokok, minum minuman yang beralkohol, hingga narkoba. Hal menyimpang yang mereka lakukan ini umumnya sering dilakukan karena alasan ingin mencoba-coba atau meniru teman sebayanya. Kebanyakan dari mereka sudah tau dan mengerti jika hal tersebut sangat berdampak buruk untuk kedepannya akan tetapi pengaruh lingkungan sangat mempengaruhi peserta didik tersebut untuk melakukan kenakalan remaja. Penerapan dalam mengatasi konseling ini harus menggunakan teknik maupun strategi yang tepat dalam menangani permasalahan tersebut. Konseling behavioral ini sendiri dinilai cukup efektif dalam menangani permasalahan kenakalan remaja. Pada dasarnya, konseling behavioral ini sendiri dapat membantu untuk merubah perilaku peserta didik yang sedang dalam kondisi kenakalan remaja. Kenakalan remaja ini juga tidak boleh dihiraukan dan dianggap sebelah mata, karena hal tersebut dapat mempengaruhi Perilaku serta pemikiran peserta didik kedepannya.


Keywords


Konseling Behavioral; Implementasi

References


Arifah, Ismailia Muwaffaqoh, & Anggraini, Widyastuti. (2018). Konseling Behavioral Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Al-Isyraq, 1(2).

Damayanti, Feny Annisa, & Setiawati, Denok. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa sma swasta di surabaya. Jurnal BK UNESA, 03(01), 454–461. Retrieved from www.surabaya.go.id

Haslindah, H. (Haslindah), Passalowongi, A. J. (Andi), & Passalowongi, J. (Jamal). (2021). Pendekatan Konseling Behavioral dalam Penanganan Remaja Bermasalah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2).

Indayani, Anggi, Sedanayasa, Gede, Nengah, Ni, & Antari, Madri. (2014). Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X . 1 Sma Negeri 1 Sawan. (1).

Maulana, Muhammad Arief, & Nugroho, Panggih Wahyu. (2019). Mengurangi Kenakalan Remaja Menggunakan Konseling Behavioral pada Peserta Didik di SMA. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1). https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.4059

Nasional.kompas.com. (2012). Ketahuan Membolos, Seorang Siswi Pingsan. Kompas.com - 26/09/2012, 02:00 https://nasional.kompas.com/read/2012/09/26/02000522/Ketahuan.Membolos..Seorang.Siswi.Pingsan. Penulis : Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Muratama, Muhammad Satriadi. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Dan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1). https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.11793

Muslih, Yuyun Nuriyah, Wibowo, Mungin Eddy, & Purwanto, Edy. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43.

Nasir, Amin. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466

Wiladantika, Kadek Pigura, Dharsana, I. Ketut, & Suranata, Kadek. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Siswa Kelas Xi Bahasa Sma Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksa, 2(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jssh.v7i2.15954

Copyright (c) 2023 JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505