Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Anna Nurhasanah, Sarah Claudia Pressasna Day, Sabri Sabri

Abstract


TikTok melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen agar menawarkan berbagai produk dan took-toko yang terdaftar dimarketplace TikTok. Mereka memanfaatkan situasi di mana belanja online yang sedang marak diminati masyarakat Indonesia. Perkembangan bisnis melalui media sosial semakin meningkat dari hari kehari sementara jumlah pengguna langsung internet atau toko TikTok semakin meningkat di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Media sosial seperti TikTok menjadi salah satu promosi produk yang saat ini memiliki prospek yang sangat bagus. Tiktok Shop Live sudah memiliki pasar yang sangat luas di seluruh dunia dengan segala kelebihannya. Dalam setiap update TikTok pengguna, terdapat peluang bisnis, informasi bisnis, dan strategi pemasaran yang berbeda untuk produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial (TikTok) untuk e-commerce di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tumbuh atau berkurang dari tahun ke tahun. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis ini menunjukkan kebiasaan belanja online siswa SMA menggunakan Tiktok.


Keywords


Pemanfaatan Media Sosial; Online Shop; Tiktok Live Berbelanja Online; Komunikasi

References


Ananda, Lingga Detia. (2017). Dinamika Trust pada Pemasaran Online di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 14–25.

Dewa, Chriswardana Bayu, & Safitri, Lina Ayu. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.

Katawetawaraks, Chayapa, & Wang, Cheng. (2011). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research, 1(2).

Kulkarni, Saurabh Ravi, & Barge, Prashant. (2020). Effect of COVID-19 on the shift in consumer preferences with respect to shopping modes (Offline/Online) for groceries: an exploratory study. International Journal of Management, 11(10).

Kumar, V. (2014). A study on needs of Visual Merchandising for online & physical stores. Journal of Business and Management, 16(9), 98–101.

Oktavia, R. A. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial TikTok Dalam Proses Pemasaran Produk. EAS Technopreneurship. 1–9. Retrieved from http://repository.untag-sby.ac.id/7436/1/EAS_Technopreneurship_Ria Ayu Oktavia.pdf#

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. Jurnal Bisnis Dan Eknomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Rahmawati, Siska. (2018). FENOMENA PENGGUNA APLIKASI TIK TOK DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35907

Romo, Zahaira González, Medina, Irene Garcia, & Romero, Noemí Plaza. (2017). Storytelling and social networking as tools for digital and mobile marketing of luxury fashion brands. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 11(6), 136–149.

Saladin, D., & Oesman, Y. (2002). Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran. Bandung: Lindakarya.

Siagian, Hotlan, & Cahyono, Edwin. (2014). Analisis website quality, trust dan loyalty pelanggan online shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat. Jurnal Prfesi Humas, 3(1), 102–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333

Yulu Ma, dan Yue Hu. (2021). , “Bussiness Model Innovation and Experimentation In Transforming Ekonomies: ByteDance and TikTok,.” 12(2). https://doi.org/: 10.1017/mor.2020.69


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jssh.v7i2.16304

Copyright (c) 2023 JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-9505