ANALISIS FENOMENOLOGI HASTAG #tiktokdoyourmagic TERHADAP KESADARAN BERBAGI DI MASYARAKAT

Authors

  • alia soraya magister ilmu komunikasi
  • tina kartika magister ilmu komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.30595/jssh.v5i2.9621

Keywords:

Tiktok, berbagi, fenomenologi.

Abstract

Studi ini mengeksplorasi media sosial Tiktok yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan konteks berbagi, yang dapat membuat hashtag fyp menjadi viral dan mendapatkan diskusi hangat dari banyak orang, terutama para netizen Tiktok. Artikel ini ditulis dalam konteks sejumlah besar pengguna media sosial yang menyebabkan perilaku buruk. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan bahwa media sosial Tiktok dapat menginspirasi generasi muda untuk tidak hanya memberikan informasi yang penting tetapi juga bermanfaat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teori fenomenologi sebagai landasannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar tiktok dapat menjadi salah satu media sosial yang memandu hal-hal positif kepada masyarakat, tidak hanya dengan membantu memberikan bantuan, tetapi juga melakukan hal-hal lain yang lebih baik untuk menarik pengguna media. Masyarakat lain, terutama di kalangan generasi muda.

References

Kuswarno, Engkus (2009). Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian, Bandung: Widya Padjajaran.

Moleong, Lexy J (2004). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2009). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Adian, Donny Gahral, 2010, Pengantar Fenomenologi, Koekoesan, Depok.

Yuniani, Amelia.2019.Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA.Aceh : Universitas Samudra

Prasetyo, Banu. Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial.Surabaya : ITS.

Habiansyah.2005.Pendekatam Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi.

Fammy, Nahdah Salsabila.2020.Fenomena Caption “Twitter, Please Do Your Magic!” Membangkitkan Netizen Untuk Menolong. Jakarta : UPN VETERAN.

https://www.kompasiana.com/fpurnomo/5f0708a7d541df4cc6741614/tiktok-do-your-magic (terakhir diakses, 10 Desember 2020 22.47 WIB).

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

soraya, alia, & kartika, tina. (2021). ANALISIS FENOMENOLOGI HASTAG #tiktokdoyourmagic TERHADAP KESADARAN BERBAGI DI MASYARAKAT. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 5(2), 115–122. https://doi.org/10.30595/jssh.v5i2.9621