Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan
DOI:
https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304Keywords:
Pemanfaatan Media Sosial, Online Shop, Tiktok Live Berbelanja Online, KomunikasiAbstract
TikTok melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen agar menawarkan berbagai produk dan took-toko yang terdaftar dimarketplace TikTok. Mereka memanfaatkan situasi di mana belanja online yang sedang marak diminati masyarakat Indonesia. Perkembangan bisnis melalui media sosial semakin meningkat dari hari kehari sementara jumlah pengguna langsung internet atau toko TikTok semakin meningkat di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Media sosial seperti TikTok menjadi salah satu promosi produk yang saat ini memiliki prospek yang sangat bagus. Tiktok Shop Live sudah memiliki pasar yang sangat luas di seluruh dunia dengan segala kelebihannya. Dalam setiap update TikTok pengguna, terdapat peluang bisnis, informasi bisnis, dan strategi pemasaran yang berbeda untuk produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial (TikTok) untuk e-commerce di kalangan mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2020 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tumbuh atau berkurang dari tahun ke tahun. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil analisis ini menunjukkan kebiasaan belanja online siswa SMA menggunakan Tiktok.
References
Ananda, Lingga Detia. (2017). Dinamika Trust pada Pemasaran Online di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 14–25.
Dewa, Chriswardana Bayu, & Safitri, Lina Ayu. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.
Katawetawaraks, Chayapa, & Wang, Cheng. (2011). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research, 1(2).
Kulkarni, Saurabh Ravi, & Barge, Prashant. (2020). Effect of COVID-19 on the shift in consumer preferences with respect to shopping modes (Offline/Online) for groceries: an exploratory study. International Journal of Management, 11(10).
Kumar, V. (2014). A study on needs of Visual Merchandising for online & physical stores. Journal of Business and Management, 16(9), 98–101.
Oktavia, R. A. (2021). Pemanfaatan Digital Content Media Sosial TikTok Dalam Proses Pemasaran Produk. EAS Technopreneurship. 1–9. Retrieved from http://repository.untag-sby.ac.id/7436/1/EAS_Technopreneurship_Ria Ayu Oktavia.pdf#
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia. Jurnal Bisnis Dan Eknomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Rahmawati, Siska. (2018). FENOMENA PENGGUNA APLIKASI TIK TOK DIKALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35907
Romo, Zahaira González, Medina, Irene Garcia, & Romero, Noemí Plaza. (2017). Storytelling and social networking as tools for digital and mobile marketing of luxury fashion brands. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 11(6), 136–149.
Saladin, D., & Oesman, Y. (2002). Intisari Pemasaran dan Unsur Pemasaran. Bandung: Lindakarya.
Siagian, Hotlan, & Cahyono, Edwin. (2014). Analisis website quality, trust dan loyalty pelanggan online shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat. Jurnal Prfesi Humas, 3(1), 102–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333
Yulu Ma, dan Yue Hu. (2021). , “Bussiness Model Innovation and Experimentation In Transforming Ekonomies: ByteDance and TikTok,.” 12(2). https://doi.org/: 10.1017/mor.2020.69
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anna Nurhasanah, Sarah Claudia Pressasna Day, Sabri Sabri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.