Analysis and Implementation of the Apriori Algorithm for Strategies to Increase Sales at Sakinah Mart
Abstract
Keywords
References
[1] S. Listanto and Y. M. Kristania, “Implementasi Data Mining Terhadap Data Penjualan Dengan Algoritma Apriori Pada Pt. Duta Kencana Swaguna,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 364–372, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i2.1973.
[2] D. E. KPPU, “Indeks Persaingan Usaha 2019,” 2019. [Online]. Available: https://kppu.go.id/wp-content/uploads/2020/07/EkSum-Indeks-Persaingan-Usaha-KPPU-CEDS-2019-2-Cover.pdf.
[3] F. Mardianti and R. Fauzi, “Algoritma Apriori Dalam Menentukan Pola Konsumen Terhadap Tata Letak Barang,” J. Comasie, vol. 1, no. 1, pp. 130–139, 2020.
[4] K. K. Widiartha, “Implementasi Algorithma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja dalam Manajemen Tata Letak Produk,” Janapati, vol. 8, no. 3, pp. 249–260, 2019, doi: 10.23887/janapati.v8i3.20793.
[5] B. Sudarsono, U. Faddillah, A. Asistyasari, and Y. Nuryaman, “Analisa Penjualan Perlengkapan Olahraga pada HS Sport Menggunakan Metode Apriori,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 6, no. 2, pp. 205–210, 2021, doi: 10.35314/isi.v6i2.2066.
[6] H. Dewantara, P. B. Santosa, and N. W. Setyanto, “Perancangan Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan,” Tek. Ind., vol. 1, no. 3, pp. 415–426, 2013.
[7] P. Iswandi, I. Permana, and F. N. Salisah, “Penerapan Algoritma Apriori pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung untuk Penentuan Tata Letak Barang,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 70–74, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.7613.
[8] S. Wijayanti, W. D. Yuniarti, and S. Nur’aini, “Pengembangan Strategi Tata Letak Barang Pada Toko ‘Ina 2’ Menggunakan Algoritma Apriori,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 63–76, 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12376.
[9] M. Marsono, “Penerapan Data Mining Pengaturan Pola Tata Letak Barang Pada Berkah Swalayan Untuk Strategi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 274–279, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.908.
[10] W. D. Ramadana, N. Satyahadewi, and H. Perdana, “Penerapan Market Basket Analysis pada Pola Pembelian Barang,” Bul. Ilm. Math. Stat. dan Ter., vol. 11, no. 3, pp. 431–438, 2022, doi: 10.26418/bbimst.v11i3.54962.
[11] M. T. Anwar, H. D. Purnomo, M. Novita, and C. H. Primasari, “Implementasi Metode Asosiasi Apriori Untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Dan Rekomendasi Penempatan Produk Pada Swalayan Xyz,” Dinamik, vol. 25, no. 1, pp. 29–38, 2020, doi: 10.35315/dinamik.v25i1.7747.
[12] Irfa’aturrochmah, “Penentuan Tata Letak Barang Dagangan Berdasarkan Data Transaksi Penjualan Harian Menggunakan Algoritma Apriori,” in Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi (SNARTISI), 2018, no. November, pp. 155–168.
[13] P. Andriani and L. Lelah, “Penerapan Algoritma Apriori dengan Market Basket Analysis untuk Pengaturan Tata Letak Barang,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 7, no. 2, pp. 60–69, 2021, doi: 10.37012/jtik.v7i2.633.
[14] A. Lewis, M. Zarlis, and Z. Situmorang, “Penerapan Data Mining Menggunakan Task Market Basket Analysis pada Transaksi Penjualan Barang di AB Mart dengan Algoritma Apriori,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 2, pp. 676–681, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2934.
[15] A. F. Yudanar, S. H. Fitriasih, and M. Hasbi, “Rekomendasi Barang Di Toko Elektrik Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 25–35, 2020, doi: 10.30646/tikomsin.v8i2.499.
[16] R. Saputra and A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
[17] S. Al Syahdan and A. Sindar, “Data Mining Penjualan Produk dengan Metode Apriori pada Indomaret Galang Kota,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 56–63, 2018, doi: 10.32672/jnkti.v1i2.771.
[18] I. K. D. A. Saputra, I. P. Satwika, and N. W. Utami, “Analisis Transaksi Penjualan Barang Menggunakan Metode Apriori pada UD. Ayu Tirta Manis,” J. Krisnadana, vol. 1, no. 2, pp. 11–20, 2022, doi: 10.58982/krisnadana.v1i2.111.
[19] A. N. Rahmi and Y. A. Mikola, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian pada Customer (Studi Kasus : Toko Bakoel Sembako),” Inf. Syst. J., vol. 4, no. 1, pp. 14–19, 2021, doi: 10.24076/infosjournal.2021v4i1.561.
[20] M. A. Hasanah, S. Soim, and A. S. Handayani, “Implementasi CRISP-DM Model Menggunakan Metode Decision Tree dengan Algoritma CART untuk Prediksi Curah Hujan Berpotensi Banjir,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3200.
[21] D. Nurhidayanti and I. Kurniawati, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menemukan Association Rules Pada Persediaan Sparepart Motor,” Innov. Res. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 62–67, 2022, doi: 10.37058/innovatics.v4i2.5300.
DOI: 10.30595/juita.v11i2.17341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2579-8901
- Visitor Stats
View JUITA Stats
![](https://jurnalnasional.ump.ac.id/plugins/blocks/readingTools/icons/emailArticle.png)
![](https://jurnalnasional.ump.ac.id/plugins/blocks/readingTools/icons/emailArticle.png)