SPKK Penentuan Diagnosis Penyakit TB Paru pada Orang Dewasa Sesuai dengan Strategi Directly Observed Treatment Short-course (DOTS)

Agus Riyanto, Sri Kusumadewi, Isnatin Miladiyah

Abstract


strategi DOTS adalah satu strategi yang diterapkan dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk digunakan dalam penanggulangan penyakit menular khusus untuk TB paru. Strategi Directly Observed Treatment Short-course (DOTS) mempunyai nilai ekonomis sangat efektif (cost-effective) dalam mengintervensi penurunan insiden TB sebesar 2% pertahun, dengan penghematan biaya sebesar US$ 55 selama 20 tahun. Fokus utama DOTS adalah penemuan dan penyembuhan pasien dengan prioritas diberikan kepada pasien TB tipe menular. Strategi ini akan memutuskan rantai penularan TB sehingga menurunkan insidensi TB di masyarakat. Berdasarkan uraian di atas terdapat berbagai masalah yang bisa dijadikan alasan untuk melakukan penelitian : 1) Tantangan P2PL TB yang terus meningkat. 2) Sumber daya yang terbatas khususnya terkait dengan tenaga kerja terampil dan terlatih (mengikuti pelatihan P2TB DOTS) yang belum bisa merata karena faktor mutasi staf yang tinggi sehingga  SDM yang memenuhi syarat DOTS (terampil dan terlatih) belum bisa tepenuhi secara tetap. 3) Kasus penemuan TB yang hilang atau kasus TB tidak terlaporkan Dari 3 (tiga) masalah tersebut di atas maka perlu dilakukan penelitian di bidang teknologi informasi terkait dengan sistem pendukung keputusan klinik untuk diagnosis penyakit TB paru pada orang dewasa, untuk membantu meningkatkan kinerja program P2TB paru. Untuk membangun sistem pendukung keputusan klinik ini penulis akan memodelkan dengan metode tree dengan menggunakan basis pengetahuan yang diperoleh dari rule (aturan) yang terdapat dalam strategi DOTS dengan demikian dapat di istilahkan basis pengetahuan menggunakan Rule Base Sytem (RBR). Sedangkan penelusuran diagnosis penyakit berdasar pada gejala utama menggunkan penelusuran kearah depan yang sering disebut sebagai Forward Chaining (FC)

Keywords: DOTS, Rule Base Reassoning, Forward Chaining, Decision Tree, TB paru, Tuberkulosis paru, SPKK

Keywords


DOTS, Rule Base Reassoning, Forward Chaining, Decision Tree, TB paru, Tuberkulosis paru, SPKK

References


Kemenkes RI Dirjen BUK, 2012. Petuntuk teknis pemeriksaan biakan, identifikasi,dan uji kepekaan mycobacteriumtuberkulosis. Kemenkes RI. Jakarta.

Amalia, Endang, 2016. “Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Diagnosis Penyakit Paru-Paru Dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factors”. Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK 2016). Pp 13-18 Bandung.

Jumiati M, Pramono B, Hasnuddin L, 2015. “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tb Paru Pada Anak Dengan Metode Logika Fuzzy Berbasis Android”. semanTIK, Vol.1, No.1, Jan-Jun, pp. 25-32. Kedari. 2015.

Desmulyati, 2015. ”Diagnosa Penyakit Tuberculosis (Tbc) Menggunakan Sistem Neuro Fuzzy”. Jurnal Techno Nusa Mandiri, Vol. XII No. 2, Jakarta. 2015

Hartini, Tri , dkk, 2012. Karakteristik Penderita Tuberkulosis Paru BTA Positif Dan Hasil Pengobatannya Di Poli Paru Rsud Deli Serdang Tahun 2011-2012. USU Medan.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia No 67 tahun

2016. Tentang Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta.

Kemenkes RI Dirjen P2PL, 2014. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Kemenkes RI. Jakarta

Darnila, Eva 2013. Forward chaining dan rules based reasoning untuk membantu pengendalian penyakit

menular tuberkulosis. Jurusan Teknik Informatika Universitas Malikussaleh. ACEH

Mahmud Yunus, Sigit Setyowibowo, 2011. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Diagnosis Penyakit Paru-

Paru Dengan Metode Forward Chaining.

Kemenkes RI Dirjen P2PL, 2011. Terobosan Menuju Akses Universal Strategi Nasional Pengendalian Tuberkulosis Di Indonesia 2011-2014. Kemenkes RI. Jakarta

Keputusan Menteri Kesehatan No. HK. 02.02/Menkes/305/2014 Tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis, Jakarta.

Kusumadewi, Sri dkk. 2009. Informatika Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI

Gerdunas TB, 2002. Pelatihan penanggulangan tuberkulosis nasional, gerdunas. Jakarta.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.30595/juita.v6i1.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2579-8901