Analisis Motivasi Belajar dan Kehadiran terhadap Nilai Kuliah Mahasiswa Menggunakan Teori Kuantifikasi Fuzzy

Septian Ari Wibowo, Hindayati Mustafidah, Agung Purwo Wicaksono, Dwi Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar dan tingkat kehadiran mahasiswa terhadap nilai mahasiswa pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan teori kuantifikasi fuzzy. Pengumpulan data dilakukan dengan metode literatur, angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui berapa besar motivasi belajar terhadap suatu mata kuliah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data kehadiran mahaiswa dan nilai mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara indikator motivasi terhadap nilai mahasiswa dengan kehadiran lebih dari 11, dan indikator dapat mempertahankan pendapat yang paling berpengaruh, dengan nilai bobot kategori y = 3,5538µ(x) atau 0,2961x dan nilai tambahan konstribusi sebesar 2,5618µ(x) atau 0,2135x terhadap nilai mahasiswa.

Keywords


teori kuantifikasi fuzzy; motivasi belajar; kehadiran mahasiswa; nilai mahasiswa

References


Azwar, S. 2002. Tes prestasi: Fungsi pengembangan

pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2004. Pengantar psikologi intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, H.B. 2007. Teori Motifasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta : PT Raja Grafindo.

Terano, T., Asai, K., dan Sugeno, M.1992. Fuzzy Systems Theory and Its Applications. London: Academic Press.


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/juita.v2i3.722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2579-8901