ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA KALANGAN WANITA DI KECAMATAN WULUHAN

Hani Nur Laili, Muhamad Naely Azhad, Rusdiyanto Rusdiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan berwirausaha kalangan wanita di Kecamatan Wuluhan. Faktor internal meliputi keinginan untuk merdeka, pengalaman, dan toleransi risiko. Sedangkan faktor eksternal meliputi peran keluarga, sumber pendanaan, dan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada kalangan wanita yang berwirausaha di Kecamatan Wuluhan dengan jumlah 184 responden. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kausalitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji instumen data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha pada wirausaha wanita di Kecamatan Wuluhan. Faktor eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwirausaha pada wirausaha wanita di Kecamatan Wuluhan.

 


Keywords


faktor internal, faktor eksternal, keputusan berwirausaha, wirausaha wanita

References


Anggadwita, G., & Dhewanto, W. (2016). The influence of personal attitude and social perception on women entrepreneurial intentions in micro and small enterprises in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 27(2/3), 131. https://doi.org/10.1504/IJESB.2016.073974

Anugrahini Irawati, S., & Sudarsono, B. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Memotivasi Perempuan Berwirausaha Melalui Bisnis Online (Studi Kasus Pada Ibu Muda di Kecamatan Bangkalan). Distribusi-Journal of Management and Business, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.29303/distribusi.v6i2.35

Arniati. (2015). Women Entrepreneurs Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Kasus pada Pengrajin Sulaman Wanita di Jorong Lundang Kanagarian Panampuang Kab. Agam). Economica, 1(2), 162–174. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v1.i2.116

Asmara, G. I., & Nawawi, Z. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Bandar Setia Untuk Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 139-147.

Fatimah, C. E. A. (2015). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Wanita Muslim di Wilayah Tangerang Selatan Berwirausaha. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(2).

Febriansah, R. E., & Meiliza, D. R. (2020). Buku Ajar Teori Pengambilan Keputusan. Umsida Press, 1–114.

Firmansyah, A., & Roosmawarni, A. (2020). Kewirausahaan Dasar dan Konsep. Pasuruan: Qiara Media.

Irawati, R. (2022). Pengambilan Keputusan Reseller Frozen Food Sebagai Pilihan Berwirausaha Di Masa Pandemi. Competence: Journal of Management Studies, 16(2), 130–148.

Munfaqiroh, S. (2018). Analisis Keputusan Wanita Dalam Berwirausaha (Studi Pada UKM Posdaya Binaan STIE Malangkucecwara Malang). Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 12(1), 32. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v12i1.39

Nguyen, A. T., Do, T. H. H., Vu, T. B. T., Dang, K. A., & Nguyen, H. L. (2019). Factors Affecting Entrepreneurial Intentions Among Youths in Vietnam. Children and Youths in Vietnam, 99, 186-193. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2019.01.039.

Nurjanna, S. E., Ak, M., & Romansyah Sahabuddin, S. E. (2022). Keputusan Berwirausaha Kalangan Wanita di Kota Makassar. Nas Media Pustaka.

Özsungur, F. (2019). A research on women's entrepreneurship motivation: Sample of Adana Province. Women's Studies International Forum, 74, 114-126. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2019.03.006.

Primadhita, Y., Budiningsih, S., & Primatami, A. (2018). Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keputusan perempuan berwirausaha. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 161–167.

Rizal, M., Setianingsih, D., & Chandra, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita berwirausaha (Studi kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 525–534.

Setiawan, M., & Slamet, F. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi Berwirausaha Generasi Milenial di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(1), 165. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i1.17188

Suryana, S., & Bayu, K. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suwarto, Dwi Nugroho, S., & Nuzul Hakim, L. (2022). Analisis Faktor Motivasi Berwirausaha Yang Mempengaruhi Keputusan Berwirausaha Masyarakat Di Desa Batanghari Lampung Timur. Kalianda Halok Gagas, 4(2), 120–128. https://doi.org/10.52655/khg.v4i2.28

Tisa, A., & Anggadwita, G. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Women Entrepreneur Pemilik Usaha Fashion Di Kota Bandung. EProceedings of Management, 5(2).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i2.18676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994