Analisis Wacana Persuasif Untuk Memotivasi Diri Dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

Sulistriyani Sulistriyani, Kuntoro Kuntoro

Abstract


Penelitian yang berjudul “Analisis Wacana Persuasif untuk Memotivasi Diri dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto” bertujuan untuk mendiskripsikan unsur poster, fungsi/kegunaan poster, dan wujud komponen motivasi dalam poster covid-19 karya siswa kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitaif. Data dalam penelitian ini adalah wacana persuasif yang terdapat pada poster covid-19 karya siswa kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Wacana tersebut merupakan transkripsi poster siswa kelas 6 Al Mujib yang berperan menangani covid-19. Tahap yang digunakan dalam penelitian mencakup tiga tahap yaitu (1) penyediaan data, (2) analisis data, dan (3) penyajian hasil analisis data. Data disajikan secara informal, yaitu dengan perumusan kata-kata biasa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan peneliti menyimpulkan bahwa: pada poster covid-19 pembelajaran daring kelas 6 Al Mujiib SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto terdapat unsur poster berupa satuan bahasa dan elemen visual poster. Fungsi/kegunaan poster dari 26 karya siswa terdapat fungsi motivasi sebanyak 22, peringatan sebanyak 21, dan pengalaman kreatif siswa sebanyak 26. Wujud komponen motivasi diri seluruh karya menunjukan menggerakan, dalam hal ini motivasi menimbulkan kekuatan pada individu, membawa seseorang untuk bertindak dengan cara tertentu. Komponen motivasi mengarahkan yang berarti motivasi mengarahkan tingkah laku dengan menyediakan suatu orientasi tujuan tertentu sebanyak 80 teks. Komponen motivasi menopang digunakan untuk menjaga dan menopang tingkah laku, lingkungan sekitar harus menguatkan intensitas dan arah dorongan-dorongan dan kekuatan-kekuatan individu sebanyak 25 teks.


Keywords


wacana persuasif, unsur poster, fungsi poster, dan motivasi diri

References


Alwi, Hasan dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Cenadi, Christine Suharto. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Nirmana.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2007. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : PT Rineka Cipta.

__________. 2009. Psikolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danger, Erik P. 1992. Selecting Colour for Packaging. England: Gower Technical Press Ltd.

Danny, Umar, 2014. “Pengertian dan Prinsip Desain Poster”. dari http://umardanny.com/ pengertian-dan-prinsip-desainposter/. Diakses pada 4 Mei 2020.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fryanti, Mega, 2012. “Semiotika”. Dari http://megafryanti. blogspot. com/2 012/05/ semiotika. html. Diakses pada 4 Mei 2020.

Jefkins, Frank. 1997. Periklanan, Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebu-ah Pengantar Kemahiran Ber-bahasa. Ende Flores: Nusa Indah.

___________. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Laksana, Dwi, 2010. “Elemen-elemen Desain Komunikasi Visual”. Dari https://belajarmultimedia.wordpress.com /2010/09/16/elemen-elemendesain-komunikasivisual/. Diakses pada 7 Mei 2020.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode dan Aplikasi PrinsipPrinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Murtini, Indah, 2012. “Semiotika: Makna Dalam Komunikasi”. Dari https://ndahindah.wordpress.com/2012/05/17/semiot ika-makna-dalam-komunikasi/. Diakses pada 7 Mei 2020.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono.

Riyanto. 2010. Analisis Wacana Persuasi dalam Ragam Bahasa Rambu-Rambu Lalu Lintas. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Universitas Muham¬madiyah Purwokerto.

Shaleh, Abdul Rahman., 2009, Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta:Kencana.

Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Pers.

Tinarbuko, S. (2017). Membaca tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/mtf.v7i1.9744

Copyright (c) 2021 Sulistriyani Sulistriyani, Kuntoro Kuntoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-6020