Pengaruh Pemberian Flyer Terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Terapi Pasien Tuberkulosis Paru di Puskesmas Sidomulyo Kota Pekanbaru
Keywords:
pengetahuan, ketaatan, flyer, TBCAbstract
Pengetahuan dan kepatuhan pasien dalam menjalankan pengobatan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan terapi, termasuk pada pangobatan tuberkulosis paru. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan adalah dengan cara memberikan informasi tentang penyakit dan pengobatan yang sedang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian flyer terhadap pengetahuan dan kepatuhan terapi pasien tuberkulosis paru di Puskesmas Sidomulyo. Metoda yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan non randomized control group pretest and posttest design. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 36 responden yang dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari pemberian flyer terhadap pengetahuan antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan dengan nilai p=0,000. Akan tetapi, tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepatuhan terapi dengan nilai p=0,314 pada pasien tuberkulosis paru di Puskesmas Sidomulyo Kota Pekanbaru.
References
Adawiyani, R. 2013. Pengaruh pemberian booklet anemia terhadap pengetahuan, kepatuhan minum tablet darah dan kadar hemoglobin ibu hamil. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2):1-20.
Amril. 2003. Keberhasilan Directly Obderved Therapy (DOT) pada pengobatan TB paru kasus baru di BP4 Surakarta. Jurnal Respirology Indonesia, 23(2):67-74
Depkes RI. 2005. Pharmaceutical Care untuk Penyakit Tuberkulosis, Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Depkes RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Hari TB Sedunia 2011. Jakarta: Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Depkes RI. 2014. Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Dipiro, J.T. 2006. Pharmacotherapy Handbook. New York: Mc Graw Hill Medical Publishing.
Kumboyono. 2011. Perbedaan efek kesehatan menggunakan media cetak dengan media audio visual terhadap peningkatan pengetahuan pasien tuberkulosis. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 7(1):9-25.
Loriana, R., Thaha, R.M., Ramdan, I.M. 2014. Efek konseling terhadap pengetahuan, sikap dan kepatuhan berobat penderita tuberkulosis paru di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Samarinda. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Unhas.
Murtiwi. 2004. Kepatuhan berobat pasien tuberkolosis paru di 28 kabupaten di Indonesia tahun 2004. Disertasi. Jakarta. FKM UI.
Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. 2010. Kesehatan Masyarakat Ilmu Seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, C.J.P. & Endang, K. 2006. Farmasi Klinis Teori dan Penerapan. Jakarta: Kedokteran EGC.
Tjay, H.T. dan Rahardja, K. 2007. Obat-Obat Penting. Edisi VI. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).