PENGARUH PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPATUHAN PASIEN JAMKESMAS DI BANGSAL NON BEDAH RSUD Prof. Dr. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO DALAM MENGGUNAKAN OBAT PER ORAL PADA TAHUN 2009

Authors

  • Widya Prilansari
  • Moeslich Hasanmihardja
  • Didik Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.30595/pji.v7i1.556

Abstract

ABSTRAK Penggunaan obat oleh pasien dipengaruhi oleh informasi yang diterima pasien mengenai obat yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pelayanan informasi obat terhadap kepatuhan pasien jamkesmas di bangsal non bedah di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto dalam menggunakan obat per oral. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan model observasional. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai korelasi yaitu -0,018 dengan jumlah 121 responden. Selanjutnya dilakukan uji signifikan dan hasil yang diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel (-0,19<1,96) yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikansi antara pelayanan informasi obat terhadap kepatuhan pasien jamkesmas di bangsal non bedah RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto dalam menggunakan obat per oral. Kata kunci : pelayanan informasi obat, kepatuhan pasien ABSTRACT The use of drugs by patients was influenced by information received by patients about drug which was used. The objective of this research was to find out whether there were the drug information services on the compliance of jamkesmas patients in nor-surgical wards of Prof. Dr. Margono Soekardjo Hospital, Purwokerto. This research was a descriptive analytic with observational model. Data were analyzed using Spearman rank correlation analysis. The Research results were obtained with the correlation value of -0.018 with 121 respondents. Thus, the significance test was performed and the results obtained from the test were t count was lower than t table (-0.9<1.96) mean no significance effect between drug information services with the compliance of jamkesmas patients in non-surgical wards of Prof. Dr. Margono Soekardjo Hospital, Purwokerto in using per oral drugs. Keywords : drug information services, patients compliance.

References

Andayani, T. M. 2004. Manajemen Farmasi Rumah Sakit, Edisi 9. Yogyakarta: Gadjah Mada Pharmacy Study Club.

Anonim. 1992. Kesehatan, UU RI No. 23, Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI.

Anonim. 2002. Profil RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto. Purwokerto.

Anonim. 2004. Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit. Direktorat jendral pengawasan obat dan makanan. Jakarta: Depkes RI.

Azwar, S., 2006. Penyusunan Skala Psikologi, Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Depkes RI. 1999. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1333/ Menkes/SK/XII/1999 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit.

Ikawati. 1994. Pengobatan Rasional, majalah farsigama. Yogyakarta: BEM Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada.

Jogiyanto. 1995. Analisis dan desain system informasi. Yogyakarta: Andi offset

Makmur, H., 1991. Penggunuaan Obat Yang Rasional, fransigama, Fakultas Farmasi, UGM, Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat (Ilmu dan Seni). Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Endah Puspita. 2007. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas I, II, III Terhadap Pelayanan Obat Dibangsal Penyakit Dalam Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Kabupaten Magelang [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada.

Sarwono, S. 1993. Sosiologi Kesehatan, Beberapa Konsep Beserta Aplikasinya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Siregar, C.J.P. 2004. Farmasi Rumah Sakit teori dan penerapan. Jakarta: kedokteran

Siregar, C.J.P. 2006. Farmasi Klinik teori dan penerapan. Jakarta: kedokteran

Sugiyono, S., 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. 2002. Strategi Pemasaran Edisi II Cetakan 3. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Yulina, V.K. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Konsumen Peserta Askes Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Purbalingga [Skripsi]. Purwokerto: Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Downloads

Published

2010-08-01

How to Cite

Prilansari, W., Hasanmihardja, M., & Setiawan, D. (2010). PENGARUH PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPATUHAN PASIEN JAMKESMAS DI BANGSAL NON BEDAH RSUD Prof. Dr. MARGONO SOEKARDJO PURWOKERTO DALAM MENGGUNAKAN OBAT PER ORAL PADA TAHUN 2009. PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 7(02). https://doi.org/10.30595/pji.v7i1.556

Most read articles by the same author(s)

> >>