Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Brand Image
DOI:
https://doi.org/10.30595/raar.v3i1.16911Keywords:
Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, Brand Image, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan celebrity endorsement, kualitas produk, terhadap minat beli konsumen melalui brand image sebagai variabel intervining atau mediasi. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna skincare dan bodycare scarlett whitening di kota Purwodadi. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria tertentu. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, penilaian menggunakan skala likert dengan interval 1 sampai 5. Alat uji instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement (X1) berpengaruh langsung terhadap brand image (Z), kualitas produk (X2) berpengaruh langsung terhadap brand image (Z), variabel celebrity endorsement (X1) berpengaruh langsung terhadap minat beli (Y), variabel kualitas produk (X2) tidak berpengaruh langsung terhadap minat beli (Y), dan brand image (Z) berpengaruh langsung terhadap minat beli (Y). Hasil uji analisis jalur menunjukkan bahwa celebrity endorsement (X1) tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat beli (Y) melalui brand image (Z), dan terdapat pengaruh secara tidak langsung kualitas produk (X2) terhadap minat beli (Y) melalui brand image (Z), sehingga dapat dikatakan bahwa brand image memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli.
References
A. Shimp.2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.
Anggraeni, Rima Dwi. 2018. Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal (Survey Pada Peminat Kosmetik LT Pro Yang Dipengaruhi Oleh Video Vlog Ini Vindy Di Kota Malang). Diss. Universitas Brawijaya,.
Aprilliana, Dian. 2021. PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CELEBRITY ENDORSER, DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK EMINA DI KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS PADA MAHASISWIMULTI DATA PALEMBANG). Diss. STIE Multi Data Palembang.
Astuti, Riska Ladya Meitharani Budi, and Hedi Pudjo Santoso. 2016 "Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House." Interaksi Online 5.1
Dermawan, Zulrama.2018. Peranan Celebrity Endorser Dalam Menarik Minat BeliPengguna Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar). Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Febriyanti, Rizky Suci, and Aniek Wahyuati.2016 "Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli." Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 5.5
Ferrinasewi.2014. Merk dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ghozali.2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Jakarta : Erlangga.
Gumelar, Ahmad.2017 “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadapKeputusan Pembelian kosmetik wardah”. Jurnal Ilman, Vol.5 No.2, pp. 14-23, september 2017.
Gumilang, Risa Ratna.2017 "PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK XIAOMI DI KOTA SUMEDANG." SINTESA STIESEBELAS APRIL SUMEDANG 7.2: 36-45.
Kotler dan Amstrong.2016. Prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Jakarta : Erlangga.
Meilina, Arisa.2021 Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Riau). Dis. Universitas Islam Riau,.
Mentari, Kiky.2018. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Sebagai VariabelIntervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Umsu). Diss.
Prasojo, Eko.2016. "Pengaruh Celebrity Endorsement Melalui Brand Image Terhadap Minat Beli.".
Schiffman,L.G dan Kanuk. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono.2011. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
RAAR: Review of Applied Accounting Research is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.