RETRACTED: Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11196Keywords:
Belajar, Hambatan, Orang TuaAbstract
Berdasarkan hasil penyelidikan secara teliti dan hati-hati terhadap artikel "Analisis Peran Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19" yang terbit pada Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)Â Vol 3 No. 1 Maret 2022.
Artikel ini ditemukan melanggar etika publikasi Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD).
Artikel ini mengandung isi yang sama pada artikel di Jurnal EDUCATIOÂ Vol. 7 No. 4 (2021): October-December dengan link:Â https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1445
Dokumen dan isinya telah dihapus dari Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), dan upaya yang wajar harus dilakukan untuk menghapus semua referensi ke artikel ini.
References
A. Abu, Supriyono Widodo, Psikologi Belajar. Penerbit, Pt Rineka Cipta, Jakarta, 2013.
Badria, Irani Lailatul, Dyah Ayu Fajarianingtyas, And Henny Diana Wati. 2018. “Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa.” Lensa; Jurnal Pendidikan Ipa 8(1):19–27.
Budiyono, Pengantar Metodologi Penelitian, Isbn 978-602-397-105-5, Penerbit, Upt Penerbitan Dan Percetakan Usn Semarang, Semarang, 2017.
Dessy Indah Saputri, Joko Siswanto, Sukamto. 2017. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar.” Sap (Susunan Artikel Pendidikan) 2(1):369–76.
Eliyana Koyimah. 2016. “Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar ips Pada Siswa Kelas V Sdndigugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang.” 4(1):19.
Emilia, Deska. 2019. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Sd Negeri 64 Bengkulu Selatan Desa Suka Nanti Kecamatan Kedurang.
Handayani, Dian. 2017. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar 8(1):127–43.
Heruman, Model Pembebelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Penerbit, Pt. Remaja Indonesia, Bandung, 2010.
Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Dan. 2017. Orang Tua Hebat. Vol. 98.
Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, And Fitri Andriani. 2020. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):241.
Martina. 2019. “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqhi Di Kelas V11 Mts Ddi Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap.” 23(3):2019.
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Penerbit, Pt Remaja Rosdakarya Bandung, 2013.
Nisa, Afiatin. 2015. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):1–9.
Putro Eko W., Teknik Penyususnan Instrumen Penilaian. Penerbit, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Tahun 2017.
Rohman, Abdul. 2011. “Pengelolaan Sekolah Berbasis Religi Studi Situs Madrasah Aliyyah Futuhiyyah.” Tesis 53(9):1689–99.
Rukmini, Elisabeth. 2008. “Deskripsi Singkat Revisi Taksonomi Bloom.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 4(2).
Ruli, Efrianus. 2020. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal 1(2):143–46.
Saraswati, Marini. 2017. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdit Alam Harapan Ummat Purbalingga.” I–90.
Siagian, Muhammad Daut. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Mes: Journal Of Matematics Education And Science2 2(1):58–67.
Sudirman. 2013. “Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Madaniyah 2(Xi):253.
Wahab Rohmalina., Psikologi Belajar. Penerbit, Raja Grafindo, Jakarta. Tahun 2016.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.