Analisis Kebutuhan Pengembangan Desa Tambaksogra Sebagai Pengrajin Alat Pembakar Sampah Plastik Rendah Polusi (ALBAPALAENSI) Berbahan Baku Barang Bekas

Yudha Febrianta, Pratik Hari Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan desa Tambaksogra sebagai pengrajin alat pembakar sampah plastik rendah polusi (ALBAPALAENSI) berbahan baku barang bekas. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini hanya terbatas pada analisi kebutuhan yang bersuber dari hasil wawncara, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrumen  analisis kebutuhan yaitu wawancara. Untuk mengetahui keadaan  awal di lapangan terkait perlunya pengembangan desa Tambaksogra sebagai pengrajin alat pembakar sampah plastik rendah polusi (ALBAPALAENSI) berbahan baku barang bekas. Hasil dari wawancara menujukan bahwa selama ini masih banyak sampah yang hanya dibuang di tanah kosong dan akan menimbulkan tumpukan-tumpukan sampah, sampah plastik dibakar namun sisa pembakaran tidak dapat dimanfaatkan. Kemampuan mitra untuk mengajarkan dan melatih pembuatan alat pembakar sampah sudah siap baik peralatan ataupun tempat pelaksanaan. Membutuhkan alat tersebut selain digunakan untuk sendiri membakar sampah di rumah juga bisa menambah pemasukan dengan membuat dan menjual alat pembakar sampah tersebut.

Keywords


Analisis; Kebutuhan; Pengembangan; ALBAPALAENSI

References


Kurniasti, Niki. 2011. Tahap Perkembangan Obyek Wisata Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Sripsi. FMIPA, dep Geografi, Universitas Indonesia.

Mulyaningrum.2005. Eksternalitas Ekonomi Dalam Pembangunan Wiata Berkelanjutan: Studi Kasus Pada Wisata Alam Baturaden-Purwokerto Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Penelitian UNIB, Vol XI, No.1, Maret, hal: 9-20.

Pralina, Citra Yudha dan Sujali Sujali.2012. Keterkaitan Pariwisata Terhadap Pembangunan Manusia Di Jawa Tengah Tahun 2004-2009, Jurnal Bumi Indonesia,Vol.1, No. 2.

Pleanggra, Ferry. 2012. Analisis Pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Jumlah Wisatawan Dan Pendapatan Perkapita Terhadap Pendapatan Retribusi Obyek Pariwisata 35 Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah. Skripsi , Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro , Semarang.

Sultan, Muh. 2013. Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal,http://komunikasi.unsoed.ac.id/sites/default/files/59.sulton%20poenya.pdf

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.13474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660