Analisis Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Prototype Mahasiswa PGSD

Risa Aulia Tanti, Rian Damariswara

Abstract


Tujuan penelitian ini menggambarkan kesalahan dalam menyelesaikan pengerjaan modul ajar yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai tugas mata kuliah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif , subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PGSD kelas 1C. Hasil penelitian ini berupa bentuk kesalahan pembuatan modul ajar oleh para mahasiswa. Setelah melakukan wawancara dengan mahasiswa PGSD, dapat disimpulkan bahwa dalam satu kelas hampir 70% kesalahan penyusunan modul ajar terdapat pada model pembelajaran yang digunakan. Kesalahan selanjutnya yaitu terletak pada kegiatan pembelajaran di bagian inti, seharusnya di bagian inti kegiatan pembelajaran berisi sintaks dari model pembelajaran yang digunakan, tetapi banyak mahasiswa yang belum mengetahui sintaks dari model pembelajaran yang digunakan tersebut.


Keywords


Modul Ajar; Kurikulum Prototype; PGSD

References


Ismawati, Esti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta:Yuma Pustaka.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.

Winarni, Endang Widi. (2011). Penelitian Pendidikan. Bengkulu :FKIP Unib.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660