Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembalajran IPS Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII SMPN Kesugihan
Abstract
Keywords
References
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Agus Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol 16 Nomor.1, Nopember 2012. Halaman 75-83.
Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Darwyan Syah, Supardi, Eneng Muslihah. 2009. Kriteria Hasil Belajar. CV: Remaja Karya.
Hamalik, Oemar. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi).
Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.
DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter