Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembalajran IPS Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII SMPN Kesugihan

Rokaliana Rokaliana, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Masalah yang terjadi pada pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 2 Kesugihan yaitu kurang berperan aktifnya siswa dalam proses pembelajaran IPS di kelas. Pendekatan saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang supaya peserta didik secara aktif yang dapat menjadi salah satu solusi dalam permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan dengan mengamati aktifitas belajar dan hasil belajar siswa dalam 3 siklus dengan menggunkan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS terhadap 220 siswa. Diperoleh persentase aktivitas belajar sebesar 96% dengan hasil belajar yang meningkat sebesar 91,81%.

Keywords


Pembelajaran IPS; Pendekatan Saintifik; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar Siswa

References


A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Agus Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol 16 Nomor.1, Nopember 2012. Halaman 75-83.

Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Darwyan Syah, Supardi, Eneng Muslihah. 2009. Kriteria Hasil Belajar. CV: Remaja Karya.

Hamalik, Oemar. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahmud, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi).

Taniredja, Tukiran dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya. Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660