Penerapan Pendekatan Scientific Learning Berbasis HOTS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Tianesa Kartini, Yohana Satinem, Eka Lokaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau  setelah menggunakan pendekatan scientific learning berbasis HOTS. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian group pre-test-post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau berjumlah 22 siswa yang merupakan sampel pada penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal uraian sebanyak 6 soal. Data dianalisis menggunakan uji-z pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data post-test didapatkan zhitung 5,50 dan ztabel 1,64 berarti Ho ditolak dan Ha diterima,  artinya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 57 Lubuklinggau setelah diterapkannya pendekatan scientific learning berbasis HOTS secara signifikan tuntas. Rata-rata diperoleh 77,65 dan persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 100%.


Keywords


Hasil Belajar; HOTS; IPA; Pembelajaran Saintifik

References


Afiat Eka Sakti, R., & Wahyudi. (2019). Penerapan Model VAK Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PGSD, 3(1), 37-44.

Antarini, S., Awaludin, A., & Fadly Pratama, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Saintifik Pada Pembelajaran Praktikum. Journal of Elementary Education, 03(01), 7–11.

Dahliana, D., Setiawati, N. S., & Taufina. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran IPA di Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 10–17.

Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–11.

Dewi, M. P., & Kristin, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.6346

Dwianti, I. N., Julianti, R. R., & Rahayu, E. T. (2021). Pengaruh Media PowerPoint Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 675–680.

Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01), 1–13.

Indriyanti, Mulyasari, E., & Sudarya, Y. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol. II.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.

Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika2. PRISMA, 3, 370–376. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Musfah, Jejen. (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Musfiqon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidorejo: Nizamia Learning Center.

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran. Lampung Selatan: Pustaka Ali Imron.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Rahmawati, M. C., & Dewi, N. D. L. (2019). Kombinasi pendekatan saintifik dan lingkungan serta pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa SD. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 28–37. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.677

Rahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sdn 19 Koto Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 1–15. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/issue/archive

Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam penelitian. Jakarta: Change Publication.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa, 3(1), 1–17.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660