Penerapan Manajemen Organisasi Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid 19
Abstract
Manusia sebagai sumber daya potensial merupakan kekuatan sebuah organisasi, sebab manusialah yang menggerakkan organisasi. Begitu pula sebaliknya, menggerakkan organisasi berarti harus mampu menggerakkan manusianya. Setiap lembaga pendidikan berperan sebagai wahana strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas bagi pembangunan bangsa. Demikian pula lembaga pendidikan Islam di Indonesia telah turut menjalankan berbagai aktifitas kependidikan di pentas pendidikan nasional. Sebagai suatu sistem pendidikan nasional, madrasah, pesantren dan perguruan tinggi agama Islam harus di kelola secara terencana agar mampu menciptakan SDM yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk memelihara dan mengembangkan eksistensi bangsa. Karena itu, peran lembaga pendidikan Islam perlu di tingkatkan melalui penguasaan pengetahuan dan kemampuan managerial kependidikan guna mencapai efektifitas lembaga pendidikan Islam.
Keywords
References
Machli, Imam dan Ara Hidayat. 2018. The Hand Book Of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah / Madrasah Di Sekolah. Jakarta : Kencana.
Kristiawan, Muhammad, dkk. 2017. Manajemen Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Pananrangi, Andi Rasyid. 2017. Manajemen Pendidikan. Sulawesi Selatan: Celebes Media Perkasa.
Petun, Masan dan Rachmat. 2006. PKN Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD dan MI Kelas 5. Jakarta: Grasindo
DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter