Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media TDM (Three Digit Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah

Amalia Khairunnisya

Abstract


Siswa kelas III SD N Murten Kabupaten Sleman masih mengikuti pembelajaran online atau lebih sering dikatakan dengan kata istilah singkatan BDR (Belajar dari Rumah) sehingga interaksi guru dan siswa masih kurang maksimal. Nilai matematika siswa kurang memuaskan dibuktikan dengan nilai matematika siswa yang menempati nilai 65 sehingga matematika menempati mata pembelajaran yang masih dibawah rata-rata dibandingkan dengan pembelajaran yang lain. Model pembelajaran yang digunakan guru masih memakai model pembelajaran yang belum bervariasi sehingga siswa bosan dan merasa bahwa cara yang digunakan tidak menarik. Penggunaan alat peraga pembelajaran yang masih jarang ditampilkan oleh guru pada saat pembelajaran dikelas sehingga tidak terdapat pembelajaran yang inovatif dalam penggunaan media pembelajaranya. Siswa sulit memahami operasi hitung penjumlahan bilangan cacah sehingga siswa kurang dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Contextual Teaching and Learning berbantuan media TDM (Three Digit Match) terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa kelas III SD N Murten Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan model One Grup Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobabilyty Sampling model total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 13 siswa dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Uji Validasi untuk tes pilihan ganda hasil belajar menggunakan rumus pearson. Uji reliabilitas menggunakan Cornbach’s alpha dengan bantuan IBM SPSS 25. Selain itu penelitian menggunakan uji tingkat kesukaran dan dayabeda. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu Paired Sampels t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai tes pilihan ganda pada posttest sebanyak 88.62 yang lebih besar dibandingkan dengan hasil tes pada pretest dengan nilai rata-rata 63.15. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Paired Sampels t test yang menghasilkan Zhitung Sebesar 0,000 dengan nilai signifikan <0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan atas hasil pretest dan posttest yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media TDM (Three Digit Match). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media TDM (Three Digit Match) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dalam mata pelajaran matematika sesuai dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah menggunakan media TDM.

Keywords


Contextual Teaching and Learning berbantuan media TDM (Three Digit Match); Hasil Belajar

References


An, D. I., & Kreatif, N. (2020). SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

Ariyanti, I. D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP. Model Pembelajaran Kontektual.

Asy’ari, H., & Andhini, N. F. (2000). BAB II KAJIAN TEORI A. Hasil Belajar 1. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(september 2016), 12–36.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Harris, S. T., Gertz, B. J., Genant, H. K., Eyre, D. R., Survill, T. T., Ventura, J. N., Debrock, J., Ricerca, E., & Chesnut, C. H. (1993). The effect of short term treatment with alendronate on vertebral density and biochemical markers of bone remodeling in early postmenopausal women. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, 76(6), 1399–1406. https://doi.org/10.1210/jcem.76.6.8501142

Jeki Sepriady. (2005). CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Oleh: Jeki Sepriady*. Sejarah Pendidikan, 100–110.

Komariyah, S., Fatmala, A., Laili, N., Studi, P., & Matematika, P. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 55–60. jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3

Kusumah, Y. S. (2013). Logika Matematika Elementer. 2, 206.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/315105651%0APENTINGNYA

Mappeasse Yusuf M. (2009). Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller ( Plc ) Siswa Kelas Iii Ju ... Medtek, 1(2), 3–4.

Purbaningsih, T. (2017). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2017 Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( IAIN ) METRO. HASIL BELAJAR.

Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 184–192. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 1(1), 1–3. https://scholar.google.co.id/citations?user=fNLxaSUAAAAJ&hl=id

Sugiyono. (n.d.). No Title.

Sulistiyono. (2013). Pengaruh penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar matematika. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, 6–17. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7168

Susantri, A. (2019). Upaya Mengembangkan Visual Spasial Anak Melalui Permainan Dengan Bahan Kolase Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Kencana Bandar Khalifah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). repository.uinsu. http://repository.uinsu.ac.id/3736/1/ANGGI SUSANTRI.pdf

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Vina Pebrianasari. (2021). No Title. 6(1), 79–94.

An, D. I., & Kreatif, N. (2020). SKRIPSI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.

Ariyanti, I. D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA PAPAN BILANGAN TERHADAP. Model Pembelajaran Kontektual.

Asy’ari, H., & Andhini, N. F. (2000). BAB II KAJIAN TEORI A. Hasil Belajar 1. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(september 2016), 12–36.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Harris, S. T., Gertz, B. J., Genant, H. K., Eyre, D. R., Survill, T. T., Ventura, J. N., Debrock, J., Ricerca, E., & Chesnut, C. H. (1993). The effect of short term treatment with alendronate on vertebral density and biochemical markers of bone remodeling in early postmenopausal women. Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, 76(6), 1399–1406. https://doi.org/10.1210/jcem.76.6.8501142

Jeki Sepriady. (2005). CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH Oleh: Jeki Sepriady*. Sejarah Pendidikan, 100–110.

Komariyah, S., Fatmala, A., Laili, N., Studi, P., & Matematika, P. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 55–60. jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3

Kusumah, Y. S. (2013). Logika Matematika Elementer. 2, 206.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/315105651%0APENTINGNYA

Mappeasse Yusuf M. (2009). Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller ( Plc ) Siswa Kelas Iii Ju ... Medtek, 1(2), 3–4.

Purbaningsih, T. (2017). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2017 Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( IAIN ) METRO. HASIL BELAJAR.

Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 184–192. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 1(1), 1–3. https://scholar.google.co.id/citations?user=fNLxaSUAAAAJ&hl=id

Sugiyono. (n.d.). No Title.

Sulistiyono. (2013). Pengaruh penggunaan media sempoa terhadap hasil belajar matematika. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, 6–17. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7168

Susantri, A. (2019). Upaya Mengembangkan Visual Spasial Anak Melalui Permainan Dengan Bahan Kolase Di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Kencana Bandar Khalifah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). repository.uinsu. http://repository.uinsu.ac.id/3736/1/ANGGI SUSANTRI.pdf

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada MataKuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89

Vina Pebrianasari. (2021). No Title. 6(1), 79–94.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660