Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dwinda Susi Rahmasiwi, Candra Dewi, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Literasi digital dapat menjadikan anak bertanggung jawab dalam memilih informasi dan penyebaran informasi. Untuk itu Implemetasi literasi digital SD dapat dijadikan pilihan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan sumber digital pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Literasi Digital siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran tematik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Blended Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design dengan populasi siswa kelas V A dan V B SD Siti Hajar Kota Madiun dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas V A dan 25 sisiwa kelas V B. Instrument yang digunakan yaitu dengan angket Literasi Digital. Data dianalisis menggunakan independent sample t-tes. Berdasarakan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar yang mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional (taraf signifikansi 0,000 < 0,05); maka sebagaimana dasar pengambilan independent sample t test dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Model Pembelajaran; Blended Learning; Literasi Digital

References


Amita Tri Prasasti, Pinkan, and Candra Dewi. 2020. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. Untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1):66. doi: 10.23887/jisd.v4i1.24280.

Andriani, Ririn, Kumala Dewi, and Kiki Fatkhiyani. 2021. “Blended Learning : Bisakah Jadi Solusi Tingkatkan Literasi Digital Dan HOTS Mahasiswa PGSD Di Situasi Pandemi ?” 5(4):601–11.

Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019. “Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 9(2):190–203.

Anon. 2019. “, Shoffan Shoffa.” 5(1):88–99.

Assya’bani, Ridhatullah. 2022. “Relevansi Epistemologi Dari Abid Al-Jabiri Terhadap Pembaruan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(1):88. doi: 10.35931/am.v6i1.744.

Cahyati, Chichi, Endang Surahman, and dan Diana Hernawati. 2019. “Student’ s Digital Literacy Skills and Learning Outcomes Through Discovery Learning Model.” Seminar Nasional Biologi, Saintek, Dan Pembelajarannya (SN-Biosper) Tahun 2019 365–72.

Darlis, Venny, and Dessy Kurnia Sari. 2021. “The Effectiveness of Blended Learning: The Impact of Student’s Characteristics and Digital Literacy on Student Performance.” Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2020) 506:561–66. doi: 10.2991/assehr.k.210202.097.

Dewi, Candra. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5(02):155–67. doi: 10.25273/pe.v5i02.280.

Dewi, Candra. 2022. “Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Sistem.” 6:199–206.

Dewi, Candra, and Universitas Pgri Madiun. 2021. “Penguatan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Social Studies Berbasis E-Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” 1602–8.

Fadhilah, Mutik Nur. 2021. “Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Pgmi.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3(1):13–24. doi: 10.19105/mubtadi.v3i1.4456.

Hazmi, H. Y., M. Tahir, and M. Turmuzi. 2021. “Implementasi Blended Learning Pada Proses Pembelajaran 4.0 Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas 5 Sdn 5 Cakranegara.” Renjana Pendidikan Dasar 1(2).

Indriyani, D. 2020. “Application of Blended Learning in Citizenship Education Learning as Digital Literacy Efforts for Students.” International Proceedings Conferences … 2018–21.

Kade, Amiruddin, Muh Syarif, and S. Abd Syukur. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online 7(3):51–55.

Masitoh, Siti. 2018. “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Generasi Emas 2045.” Proceedings of The ICECRS 1(3):13–34. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1377.

Musiin, Dan Indrajit, R. E. 2020. “Literasi Digital Nusantara-Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda.” Literasi Digital Nusantara-Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda 14(1):54–65.

Patmanthara, Syaad, and Wahyu Nur Hidayat. 2018. “Improving Vocational High School Students Digital Literacy Skill through Blended Learning Model.” Journal of Physics: Conference Series 1028(1). doi: 10.1088/1742-6596/1028/1/012076.

Pengembangan, D. A. N., Sekolah Dasar, and Candra Dewi. 2022. “JP2SD ( JOURNAL OF PIKIRAN Pengaruh Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 5 SD Sekolah.” 10(1):12–21.

Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2016. “Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Fishbone Diagram (Fd) Untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5(02). doi: 10.25273/pe.v5i02.286.

Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2018. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual Office Mix Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun.” Jurnal Pendidikan Edutama 5(2):55–62.

Setiadi, Pidi Mohamad, Dwi Alia, and Dadan Nugraha. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Dalam Blended Learning Model Untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):3353–60. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2727.

Sjukur, Sulihin B. 2013. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2(3):368–78. doi: 10.21831/jpv.v2i3.1043.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITAIF. Cetakan ke. Bandung: Alfabeta, Bandung.

Sukoco, Prasetya Citra. 2016. “Blended Learning Dalam Pembelajaran.” Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK 325–32.

Susanto, Erwin Joko. 2021. “Efektivitas Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Lms Untuk Membangun Antusiasme Siswa Dalam Kegiatan Literasi Digital.” Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia 1(1):74–82. doi: 10.47387/sena.v1i1.40.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.14383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660