Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.14383Keywords:
Model Pembelajaran, Blended Learning, Literasi DigitalAbstract
Literasi digital dapat menjadikan anak bertanggung jawab dalam memilih informasi dan penyebaran informasi. Untuk itu Implemetasi literasi digital SD dapat dijadikan pilihan pembelajaran yang menarik dengan menggunakan sumber digital pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Literasi Digital siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran tematik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Blended Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design dengan populasi siswa kelas V A dan V B SD Siti Hajar Kota Madiun dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas V A dan 25 sisiwa kelas V B. Instrument yang digunakan yaitu dengan angket Literasi Digital. Data dianalisis menggunakan independent sample t-tes. Berdasarakan hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar yang mengikuti pembelajaran dengan model Blended Learning dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional (taraf signifikansi 0,000 < 0,05); maka sebagaimana dasar pengambilan independent sample t test dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.References
Amita Tri Prasasti, Pinkan, and Candra Dewi. 2020. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. Untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1):66. doi: 10.23887/jisd.v4i1.24280.
Andriani, Ririn, Kumala Dewi, and Kiki Fatkhiyani. 2021. “Blended Learning : Bisakah Jadi Solusi Tingkatkan Literasi Digital Dan HOTS Mahasiswa PGSD Di Situasi Pandemi ?” 5(4):601–11.
Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019. “Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 9(2):190–203.
Anon. 2019. “, Shoffan Shoffa.” 5(1):88–99.
Assya’bani, Ridhatullah. 2022. “Relevansi Epistemologi Dari Abid Al-Jabiri Terhadap Pembaruan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(1):88. doi: 10.35931/am.v6i1.744.
Cahyati, Chichi, Endang Surahman, and dan Diana Hernawati. 2019. “Student’ s Digital Literacy Skills and Learning Outcomes Through Discovery Learning Model.” Seminar Nasional Biologi, Saintek, Dan Pembelajarannya (SN-Biosper) Tahun 2019 365–72.
Darlis, Venny, and Dessy Kurnia Sari. 2021. “The Effectiveness of Blended Learning: The Impact of Student’s Characteristics and Digital Literacy on Student Performance.” Proceedings of the 3rd International Conference on Educational Development and Quality Assurance (ICED-QA 2020) 506:561–66. doi: 10.2991/assehr.k.210202.097.
Dewi, Candra. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5(02):155–67. doi: 10.25273/pe.v5i02.280.
Dewi, Candra. 2022. “Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Manajemen Pembelajaran Berbasis E-Learning Sistem.” 6:199–206.
Dewi, Candra, and Universitas Pgri Madiun. 2021. “Penguatan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Social Studies Berbasis E-Learning Pada Siswa Sekolah Dasar.” 1602–8.
Fadhilah, Mutik Nur. 2021. “Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Pgmi.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 3(1):13–24. doi: 10.19105/mubtadi.v3i1.4456.
Hazmi, H. Y., M. Tahir, and M. Turmuzi. 2021. “Implementasi Blended Learning Pada Proses Pembelajaran 4.0 Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas 5 Sdn 5 Cakranegara.” Renjana Pendidikan Dasar 1(2).
Indriyani, D. 2020. “Application of Blended Learning in Citizenship Education Learning as Digital Literacy Efforts for Students.” International Proceedings Conferences … 2018–21.
Kade, Amiruddin, Muh Syarif, and S. Abd Syukur. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online 7(3):51–55.
Masitoh, Siti. 2018. “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Generasi Emas 2045.” Proceedings of The ICECRS 1(3):13–34. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1377.
Musiin, Dan Indrajit, R. E. 2020. “Literasi Digital Nusantara-Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda.” Literasi Digital Nusantara-Meningkatkan Daya Saing Generasi Muda 14(1):54–65.
Patmanthara, Syaad, and Wahyu Nur Hidayat. 2018. “Improving Vocational High School Students Digital Literacy Skill through Blended Learning Model.” Journal of Physics: Conference Series 1028(1). doi: 10.1088/1742-6596/1028/1/012076.
Pengembangan, D. A. N., Sekolah Dasar, and Candra Dewi. 2022. “JP2SD ( JOURNAL OF PIKIRAN Pengaruh Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas 5 SD Sekolah.” 10(1):12–21.
Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2016. “Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Fishbone Diagram (Fd) Untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5(02). doi: 10.25273/pe.v5i02.286.
Prasasti, Pinkan Amita Tri. 2018. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual Office Mix Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun.” Jurnal Pendidikan Edutama 5(2):55–62.
Setiadi, Pidi Mohamad, Dwi Alia, and Dadan Nugraha. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Dalam Blended Learning Model Untuk Meningkatkan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):3353–60. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2727.
Sjukur, Sulihin B. 2013. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Tingkat SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi 2(3):368–78. doi: 10.21831/jpv.v2i3.1043.
Sugiyono, Prof. Dr. 2019. METODE PENELITIAN KUANTITAIF. Cetakan ke. Bandung: Alfabeta, Bandung.
Sukoco, Prasetya Citra. 2016. “Blended Learning Dalam Pembelajaran.” Seminar Nasional Profesionalisme Tenaga Profesi PJOK 325–32.
Susanto, Erwin Joko. 2021. “Efektivitas Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Lms Untuk Membangun Antusiasme Siswa Dalam Kegiatan Literasi Digital.” Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia 1(1):74–82. doi: 10.47387/sena.v1i1.40.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.