Peran Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Yulia Eka Yanti, Imron Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 3 Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sumbermajing Wetan, yang terdiri dari 33 guru dan 45 siswa kelas 3 sampai kelas 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data, menggunakan statistik deskriptif dengan tabel distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sekolah berperan membuat sejumlah perencanaan dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, sekolah berperan menentukan bahan ajar dan bacaan. Bahan ajar disesuaikan dengan pembelajaran daring dan dapat diakses secara online. Pada aspek penilaian dan evaluasi, sekolah berperan dalam menentukan kriteria penilaian dan evaluasi pembelajaran daring menggunakan kurikulum 2013 serta berperan untuk mengatasi kendala yang ditemui selama pembelajaran. Penerapan kirikulum 2013 dalam pembelajaran daring menemui banyak kendala, khususnya pada awal pelaksanaan.


Keywords


Peran Sekolah; Kurikulum 2013; Pembelajaran Daring

References


Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Artapati, L. W., & Budiningsih, C. A. (2018). Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 185–200. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.13016

Badarudin, B. (2019). Peran Kepala Sekolah Dasar Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Pendidik Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 74–84. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3945

Fatmawati, K. (2017). Implementasi Kurikulum 2013: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Primary Education Journal (Pej), 1(1), 11–16.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Kemendikbud No. 4 Tahun 2020. Pelaksanaan KebijakanPendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Viru Disease Covid 19. Pusdiklat Kemendikbud.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moorhouse, B. L. (2020). Adaptations to A Face-to-face Initial Teacher Education Course ‘Forced’ Online Due to the COVID-19 Pandemic. Journal of Education for Teaching, 00(00), 609–611. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1755205

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Nurhayati, & Zahrawati, F. (2020). Kendala Pembelajaran Daring dengan Kurikulum 2013 di Masa Pandemik Covid-19: Studi Terhadap Peran Guru IPS di Man 2 Parepare. SocioEdu: Sociological Education, 1(1), 11–19. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/se

Nurlaili, Wahyuni, Y., Gistituati, N., & Bentri, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Moda Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Reimers, F., Schleicher, A., Saavedra, J., & Tuominen, S. (2020). Supporting the Continuation of Teaching and Learning during the COVID-19 Pandemic. Annotated Resources for Online Learning. In Oecd. https://www.oecd.org/education/Supporting-the-continuation-of-teaching-and-learning-during-the-COVID-19-pandemic.pdf

Rofiq, A. A., & Arifin, Z. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Madrasah di MAN I Kota Kediri Ahmad. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 137–148.

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. PT Rafika Aditama.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116–128.

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5204.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soekanto, S. (2009). Teori Peranan. Bumi Aksara.

Sudarsana, I. K., Lestari, N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. Y. A., & dk. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suluh, M., & Ate, D. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Kurikulum 2013 ditinjau dari Kesiapan Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 248. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.280

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p063

Yasir, S., Hamidah, & Anggia, P. D. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi Covid-19. Ilmuna, 3(1), 15–28.

Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Proses Pembelajaran pada Masa Pandemik Covid-19. Bidayatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 59–74.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.14870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660