Efektivitas Peningkatan Kemampuan Kinerja Guru Melalui Organisasi KKG
Abstract
Kelompok Kerja Guru atau yang biasa disebut dengan KKG ini merupakan salah satu kegiatan kelompok atau komunitas profesional bagi para pendidik atau guru SD/MI yang berada dalam satu kecamatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang kemampuan guru sebelum dan sesudah mengikuti organisasi KKG yang meliputi tentang bagaimana guru mengembangkan materi, mengorganisasikan materi, penggunaan media dan sumber pembelajaran, serta hal lain yang menyangkut proses pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini, kami menggunakan metode kualitaif. Pada metode kualitatif ini akan memaparkan tentang penyajian data berupa hasil wawancara guru yang telah diwawancarai pada salah satu SD Negeri di Surabaya, berdasarkan hasil wawancara guru pada salah satu SD Negeri di Surabaya ini Organisasi KKG memberi capaian hasil pada peningkatan kompetensi guru.
Keywords
References
Harmawati, dkk. (2021). Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dikdaktika, 10 (1).
Harun, Cut Zahri. 2009. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada Dekstop Publisher.
Mulyasa. (2007). kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Nurhikmah, Irma, dkk. 2016. Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru.
Payong, Marselus, R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep dasar, Problematika dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks.
Sukirman. (2020, juni). efektivitas kelompok kerja guru (kkg) dalam peningkatan kompetensi guru. education management & administration review, 4, 206-207.
DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.15731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2723-8660
|
Statcounter