Efektivitas Peningkatan Kemampuan Kinerja Guru Melalui Organisasi KKG

Munawir Munawir, Aulia Syahda Nasrullah, Haadiyatan Washilah, Meifika Fatin 'Adilah

Abstract


Kelompok Kerja Guru atau yang biasa disebut dengan KKG ini merupakan salah satu kegiatan kelompok atau komunitas  profesional bagi para pendidik atau guru SD/MI yang berada dalam satu kecamatan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang kemampuan guru sebelum dan sesudah mengikuti organisasi KKG yang meliputi tentang bagaimana guru mengembangkan materi, mengorganisasikan materi, penggunaan media dan sumber pembelajaran, serta hal lain yang menyangkut proses pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini, kami menggunakan metode kualitaif. Pada metode kualitatif ini akan memaparkan tentang penyajian data berupa hasil wawancara guru yang telah diwawancarai pada salah satu SD Negeri di Surabaya, berdasarkan hasil wawancara guru pada salah satu SD Negeri di Surabaya ini Organisasi KKG memberi capaian hasil pada peningkatan kompetensi guru.


Keywords


Efektivitas; Peningkatan; Kemampuan

References


Harmawati, dkk. (2021). Peran Pelatihan dan Kelompok Kerja Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru SD di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Dikdaktika, 10 (1).

Harun, Cut Zahri. 2009. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yogyakarta: Pena Persada Dekstop Publisher.

Mulyasa. (2007). kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Nurhikmah, Irma, dkk. 2016. Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru.

Payong, Marselus, R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep dasar, Problematika dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks.

Sukirman. (2020, juni). efektivitas kelompok kerja guru (kkg) dalam peningkatan kompetensi guru. education management & administration review, 4, 206-207.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.15731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660