Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Slides guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Septiana Dewi, Fina Anzili Rohmah, Lenita Cahya Anggraeni, Riska Dami Ristanto

Abstract


Penelitian ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan Google Slides saat pembelajaran di kelas III SD Negeri Sekaran 02; (2) untuk mengetahui kemajuan hasil belajar siswa SD Negeri Sekaran 02. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan metode penelitiannya  yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). ADDIE merupakan  model pembelajaran yang menunjukkan tahapan dasar sistem pembelajaran yang efektif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sekaran 02 yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini  menggunakan pretest dan posttest. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34% dengan kategori efektif menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan beberapa perbaikan berdasarkan saran dari ahli media dan ahli materi.


Keywords


Google Slides; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Sekolah Dasar

References


Anshori, F. A., Syam, S., (2018). “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi”, Jurnal Pendidikan Biologi 3(2), 1-3.

Arindiono, R. Y., Ramadhani, N., (2013). "Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD", Jurnal Sains dan Seni Pomits 2(1), 2337-3520.

Endah Andayani, Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google Sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 15, No. 2 (2021), 218-225, (2021), DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v15i2.6163

I Kadek Wisnu Nata, DB. Kt. Ngr. Semara Putra, Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 2 (2021), 227-237, (2021), DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2

I Made Tegeh, I Made Kirna, Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model, Jurnal IKA, Vol. 11, No. 1 (2013), 12-26, (2013), DOI:https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Nurrita, T., (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa", Mysikat 3(1), 171-186.

Purnamasari, S., (2019). “Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS di SMP”, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 37-42.

Sari, Arum Oktaliana., Kesuma, Guntur Cahaya., Anggraini, Dian., (2019). "Google Slide dan Quizizz dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Matematika", AdMathEdu 9(2), 97-103.

Syifa Jamilah Purnama , Puri Pramudiani, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 4 (2021), 2440 - 2448, (2021), DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Wuli Oktiningrum, Tinta Arinda Putri, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Luas Bangun Datar “LuBaDa” untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa, Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2 (2022), 93-98, (2022), DOI: http://dx.doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.14014


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.15757

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660