Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi

Fakinatul Izzun Himmah, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Latar belakang adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan keunikan antara masing-masing siswa. Perbedaan itu dipengaruhi faktor lingkungan dan dominasi otak sehingga membentuk gaya belajar yang cenderung mengarah ke penglihatan, pendengaran, atau gerak tubuh. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatatif dengan studi kasus. Penelitian ini menggunakan subjek semua siswa kelas VI SDN Pesantren Kecamatan Mijen tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI memiliki gaya belajar yang beragam. Terbukti bahwa gaya belajar siswa menunjukkan 47% visual, 31% auditori, dan 21% kinestetik. Perbedaan inilah yang menjadi tantangan guru untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk memfasilitasi siswa agar terpenuhi kebutuhan belajarnya.


Keywords


Gaya Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi

References


Agusta Kurniati, F. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasa Perkhasa , 87-183.

Bire AL, d. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran , 168-174.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai , 1631-1638.

Fitriani, C. (2017). Gaya Belajar Siswa Kelas IIIB SDN Tukangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 18-27.

Gilakjani, A. (2012). Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education , 104-113.

Hamad, K. A. (2020). The Impact of Using Effective Differentiation Strategies on Students' Learning: A case study of an Elementary School in Dubai. BSpace The British University in Dubai (BUiD) Digital Repository .

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan , 66-79.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak , 27-48.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan , 175-185.

Lailiyah, E. (2016). Pendekatan Differentiated Instrukction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika , 55-64.

Magdalena, A. N. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial , 1-8.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum "Merdeka Belajar" di Era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora , 66-78.

Morgan, H. (2014). Maximizing Student Success with Differentiated Learning. The Clearing House: A Journal of Educational , 34-38.

Mufidah, L. L. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak , 245-260.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman , 333-352.

Silitonga, E., & Ina. (2020). Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial , 17-22.

Simanjuntak, S. d. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 134-141.

Siyoto, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTITA , 384-399.

Turhusna, D., & Solatun, S. (2020). Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 28-42.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) , 128-132.

Wahyuningsari D, d. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan , 529-535.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio: Journal of Educational Innovation .

Wijayanti, W. (2011). Student Centered; Paradigma Baru Inovasi Pembeljaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran , 64-75.

Zagoto, M. d. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya serta Implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran , 259-265.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i1.16045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660