Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sekolah Dasar

Dian Aprilia Kusumasari, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Salah satu penyebab perbedaan hasil belajar adalah gaya belajar. Penelitian bertujuan mendeskripsikan gaya belajar yang sesuai dengan materi penjumlahan pecahan ditinjau berdasarkan hasil belajar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VA SDN Purwoyoso 04. Temuan penelitian yaitu terdapat 11 peserta didik memiliki gaya belajar visual (45,83%), 10 peserta didik dengan gaya belajar auditori (41,67%), dan 3 peserta didik gaya belajar kinestetik (12,50%). Berdasarkan hasil ulangan matematika dengan gaya belajar visual memiliki rata-rata 80,00. Gaya belajar auditori 77,00. Sedangkan gaya belajar kinestetik 76,67. Simpulan penelitian yaitu subjek gaya belajar visual mendapatkan hasil belajar terbaik dalam materi penjumlahan pecahan. Pembelajaran yang sesuai berorientasi pada kebutuhan peserta didik yaitu pembelajaran berdiferensiasi.


Keywords


Gaya Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi

References


Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Anggraini, Yufri. 2021. “Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, dalam JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education. Vol. 4 (4).

Apipah, Salisatul dan Kartono. 2017. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment”, dalam Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 6 (2).

Aprima, Desy dan Sari, Sasmita. 2019. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD”, dalam Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 13 (1)

Ardinata, C.P. 2022. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Mandala”, dalam Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol. 6 (6)

Dewi, Desti Sintia. 2013. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas V SD Negeri I Caracas Kab. Kuningan”. Skripsi Online. http://repository.syekhnurjati.ac.id/1756/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Dwidarti, Ufi. dkk. 2019. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan”, dalam Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 03 (02)

Fadillah, Ahmad. 2016. “Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”, dalam MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 1 (2)

Fidayanti, Meta. dkk. 2020. Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal For Lesson And Learning Studies. Vol. 3 (1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24269/14707A. Diakses pada tanggal 16 April 2020

Hamsar. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao”. Skripsi Online. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/9743/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Hasanah, RU. 2022. “Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SDN 2 Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat”. Skripsi Online. http://repository.radenintan.ac.id/21594/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi”, dalam PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan. Vol. 35 (2)

Hidayah, Nur, dkk. 2020. “Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Operasi Hitung Pecahan”, dalam Thinking Skills and Creativity Journal. Vol. 3 (1)

Jumroidah, Siti. Dkk. 2018. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Unaaha”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 6 (3).

Kholil, M. dan Silvi Z. 2020. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi”, dalam EDUCARE: Journal of Primary Education. Vol. 1 (2)

Kufi, M.B.Z.E. 2021. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Falah”. Tesis Online. http://etheses.uin-malang.ac.id/33781/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Miftakhuddin, dkk. 2022. “Implikasi Empat Modalitas Belajar Fleming Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”, dalam Sangkalemo: The Elementary School Teacher Education Journal. Vol. 1 (2)

Myrani, Metawi Ambar. 2021. “Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo”. Skripsi Online. http://etheses.iainponorogo.ac.id/17377/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Nurlova, Fika. 2018. “Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar”. Proposal Skripsi Online. http://repository.radenintan.ac.id/9984/1/PUSAT. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Pardede, Kristin. dkk. (2021). “Analisis Gaya Belajar Serta Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi Covid-19”, dalam JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 4 (2).

Rahmatika, dkk. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”, dalam Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3 (1).

Suarjana, Md. dkk. 2018. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar”, dalam International Journal of Elementary Education. Vol. 2 (2).

Tualeka, Fitria. 2020. “Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon”. Skripsi Online. http://repository.iainambon.ac.id/807/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2022.

Verawati, Inuriya. 2021. “Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Simpang Empat1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan”, dalam Jurnal Pahlawan. Vol. 17 (01)

Warti, Desma. dkk. 2021. “Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Pada Materi Program Linear”. Dalam Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika. Vol. 4 (2).

Wassahua, Sarfa. 2016. “Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru”, dalam Jurnal Matematika dan Pembelajarannya. Vol. 2 (1).

Widayanti, FD. 2013. “Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas”, dalam Erudio Journal of Educational Innovation. Vol. 2 (1)


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.16051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660