Analisis Kesiapan Belajar Siswa untuk Pemenuhan Capaian Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Faizatur Rifqiyah, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait kesiapan belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini digunakan dalam menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat serta mampu digunakan dalam seluruh pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data angket, wawancara, serta observasi bersama guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas I SDN Pesantren. Perolehan hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar merupakan keadaan individu yang menyeluruh sehingga seseorang siap untuk memberikan tanggapan ataupun jawaban dalam situasi tertentu dalam hal ini adalah kesiapan belajar. Pada riset ini terbukti bahwa kesiapan belajar peserta didik menunjukkan 72,14% yang termasuk dalam kriteria tinggi, hasil kesiapan belajar tersebut dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terbukti memberikan pengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran yang mengarah pada tercapainya capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka.


Keywords


Kesiapan; Pembelajaran Berdiferensiasi; Kurikulum Merdeka

References


Agus, Salim. (2006). Teori dan Paradigma Peneltian Sosial. Yogyakarta: Tiawaracana.

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP 23 Pekanbaru. J-Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No.8.

Aminuriyah,S., Markhamah., Sutama. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kreatiftas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol. 9(2), Hal. 89–100.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Komparassi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol 6(4), Hal. 5877–5889.

Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 13(1), Hal. 95–101.

Apsarini, S.F., Barlianty, L. (2020). Kesiapan belajar siswa kelas iv b di sekolah dasar negeri kutajaya ii kecamatan pasarkemis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 2, Hal. 164–169.

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I.W. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII . JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS. Vol. 4, Hal. 112–120.

Effendi. (2017). HUBUNGAN READINESS ( KESIAPAN ) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5, Hal. 15-24.

Fauziah., Prayitno., Karneli, Yeni. (2020). Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral. Arsyad:Jurnal pendidikan dan Konseling. Vol.10, Hal. 96–106.

Ferdinan, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen:Pedoman Penelitian untuk Skripsi,Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fitra, Devi Kurnia. (2022). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS VII. Tunjuk Ajar : jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Universitas Riau. Vol. 5, Hal. 278–290.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12. No.3 Hal. 236–243.

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). DESAIN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MENDUKUNG CRITICAL THINKING SKILL SISWA PADA ERA KENORMALAN BARU PASCAPANDEMI COVID-19. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol(1), Hal. 56–68.

Halim,Fauziatul. (2017). Memahami Kesiapan Belajar Anak Melalui 7 Prinsip Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Almuslim. No.3, Hal. 32–37.

Handiyani, M., Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Persepektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal basicedu. Vol. 6(4), 5817–5826.

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol.4(2), Hal. 3011–3024.

Jumasrin (2019). Variabel-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Shautut Tarbiyah, Volume 25 Nomor 1, Mei 2019. 25, 84–107.

Nurhidayati,Umi. (2022). Menempa Kompetensi dan Peran Guru Penggerak dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pro Guru, Vol.(8),No.3 Hal. 1913–1922.

Pane, R.N., Lumbantoruan,S., Simanjuntak, S.D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET: Jurnal Multidisiplin Ilmu, Vol.1(03), Hal. 173–180.

Priantini, D.A.M.M.O., Adnyana,N.K.S., Suarni,N.K. (2022).Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Vol.8, Hal. 238–244.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. Vol.6(4), Hal. 7174–7187.

Saputri,Y.I.M., Purnomo. (2020). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kesiapan Belajar siswa dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Joyful Learning Journal, Vol 8 No. 1.

Setiawan, A., Sawitri, D., Suswati,E. (2019). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Kesiapan Belajar Dimediasi oleh Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi, Vol. 6, No. 2, Hal. 94-113

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol.7 No. 1 Hal. 48-54.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelma, S., Halidjah,S., Ghasya,D.A.V., (2020). Korelasi Antara Motivasi dan Kesiapan dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Untan Pontianak.

Sukmadinata, Nana Sayodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trias, H., Jatmiko, P., Putra, R. (2017). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra dan pengajarannya, Hal. 224–232

Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuningsari,Desy dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan. 2(04), 529–535.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v4i2.16052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660