Analisis Kesiapan Belajar Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Fajrin Nida Amalia, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kesiapan belajar peserta didik kelas III SD Negeri Pesantren. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini digunakan untuk menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat, agar dapat digunakan secara menyeluruh dalam muatan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode desktriptis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan observasi bersama guru kelas. Pada riset ini peneliti memakai subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas III SDN Pesantren. Perolehan hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar merupakan keadaan individu yang menyeluruh sehingga seseorang siap untuk memberikan tanggapan ataupun jawaban dalam situasi tertentu dalam  hal ini adalah kesiapan belajar. Pada riset ini terbukti bahwa kesiapan belajar peserta didik menunjukkan 71,4% yang termasuk dalam kriteria tinggi, hasil kesiapan belajar tersebut dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi. Implementasi yang mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran.


Keywords


Kesiapan Belajar; Pembelajaran Berdiferensiasi; Kurikulum Merdeka

References


Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil gaya Belajar Peserta didik Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP 23 Pekanbaru. J-Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 1, No. 8.

Aminuriyah, S., Markhamah., Sutama. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kreatifitas Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, Vol. 9(2), Hal. 89-100.

Anis,. M. Z.. A., Mardiani, F., Fathurrahman. (2022). Digital History dan Kesiapan Belajar Sejaran di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan. Vol. 6, No. 1, Hal. 29-42.

Aprima, D., Sari, Sasmita. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 13(1), Hal. 95-101

Apsarini, S.F., Barlianty, L. (2020). Kesiapan belajar peserta didik kelas IV B di sekolah dasar negeri kutajaya II Kecamatan pasarkemis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol. 2, hal. 164-169.

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I.W. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS. Vol. 4, Hal. 15-24.

Beauty, S., Bektiarso, S., Prastowo, S., H., B. (2021). Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap aktivitas dan kesiapan belajar fisika peserta didik sman I Sukomoro. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 7, No. 1.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No. 6.

Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critikal Thinking Skill Peserta Didik Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi Covid-19. Basastra: Jurnal kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol (1), Hal. 56-68.

Hakim, A., Karmila, I. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Peserta didik Kelas V SDN 2 Surabaya Kec. Limbangan Kab. Garut. Cakra : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 02, No. 01, Hal. 21-27

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, S. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 4(2), Hal. 3011—3024.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil belajar Peserta didik pada Materi Report text melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, Vol. 1, No. 2, Hal. 123-140.

Jumasrin. (2019). Variable-Variabel Relasional Kesiapan Belajar Peserta Didik di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Shauttut Tarbiyah, Vol. 25 No. 1, Hal. 84-107.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Peserta didik Dengan Prestasi Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. Vo. 2, No. 1, Hal. 27-31

Sari, Y., & Trisnawati, N. (2021) Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variable Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan. Vol. 7, No. 2

Siagian, H., S., Ritonga, T., Lubis, R. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Daring Peserta didik Kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Simpang Tiga Laebingke Kecamatan Sirandorung. Mathematic Education Journal, Vol. 4, No. 2.

Siskawati, Sary, R., M., Purnamasari, V. (2022). Kesiapan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi Kelas V SDN Palebon 1 Semarang. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, Vol. 6 (3), Hal. 37-47

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Subhan. (2022). Peningkatan kompetensi guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya di SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, Vol. 7, No. 1, Hal. 48-54

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelma, S., Halidjah, S., Ghasya, D. A. V. (2020). Koreksi Antar Motivasi dan Kesiapan dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Untan Pontianak.

Syafi’I, M., & Fauziyah, Y. (2022). Hubungan Kesiapan Belajar Matematika Peserta didik dengan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 73-80.

Syifa, A. (2021). Evaluasi kualitas Kesiapan Belajar Online Mahasiswa Baru Program Studi Manajemen Dakwah IAIN Pontianak. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika. Vol. 5, No. 1, Hal. 108-117.

Trias, H., Jatmiko, P., Putra, R. (2017). Refreksi Diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra dan pengajarannya, Hal. 224-232.

Vhalery, R., Setyastanto, A., M., Alfilail, S., N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” pada Kesiapan Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Reseacrh and Development Journal of Education, 7(1), 215-225

Yani, Y., Sari, P., I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, Vol. 6, No. 1

Zuschaiya, D., Wari, E., Agustina, Y., Lailiyah, S. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Kemampuan Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 4, No. 3.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660