Analisis Gaya Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran di Kelas

Endah Retnowati, Nursiwi Nugraheni

Abstract


Gaya belajar dapat mempengaruhi peserta didik untuk menerima informasi dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variasi gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas V SDN Purwoyoso 06. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan atau menjabarkan gaya belajar peserta didik. Hasil penelitian ditemukan bahwa peserta didik di kelas V SDN Purwoyoso 06 mempunyai variasi gaya belajar, dimana peserta didik dengan gaya belajar auditori sebesar 48%, gaya belajar visual sebesar 31%, dan gaya belajar kinestetik 21%.  Disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik didominasi oleh gaya belajar visual, dimana peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran sesuai dengan yang dilihat daripada yang didengar. Guru harus memahami gaya belajar peserta didiknya guna menentukan strategi dan media yang digunakan dalam pembelajaran. Orang tua dapat mendorong dan menciptakan lingkungan belajar kondusif sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga menjadi lebih kondusif dalam proses belajar.


Keywords


Gaya Belajar; Peserta Didik; Pembelajaran Kelas

References


Albar, A. S., & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-94.

Asbari, M., Tukiran, M., PURWANTO, A., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Masih Relevankah Pengukuran Gaya Belajar Pada Pembelajaran Online? (Sebuah Kajian Literatur Sistematis). Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 267-275.

Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto, W. (2018, February). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 239-247).

Gani, A. A. (2018). Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 83-87.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25-33.

Matussolikhah, R., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 225-236.

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021, February). Kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar melalui pembelajaran problem posing berbasis open-ended problem. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 26-36).

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.

Nuraeni, N., Hading, H., & Damayanti, E. (2019). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Menjelang Ujian Akhir Pada Peserta Didik Kelas IX Mts Ainus Syamsi (Studi Kasus Menurut Teori Thorndike). Al Asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 29-41.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.

Setiyadi, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 1-10.

Shance, B. T. (2022). Kompetensi Guru Dalam Memahami Gaya belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(2), 180-185.

Zulqarnain, M., & Fatmahanik, U. (2022). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(3), 293-304.

Kurniati, A., Fransiska, F., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103.

Pardede, K., Ahmad, M., & Harahap, M. S. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR SERTA PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 243-252.

Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2018). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183-187.

Angkat, N. A., Novianti, S., & Ramadani, W. (2022). VARIASI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(3), 47-53.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265.

Sine, H. (2019). Peran Pendidik Dalam Menghadapi Keragaman Gaya Belajar Murid. Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 1(2), 85-98.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Artanto, D. F. (2023). PENGARUH PENERAPAN GAYA BELAJAR AUDITORI MENDENGARKAN LAGU ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 180-195.

Nuralan, S., BK, M. K. U., & Haslinda, H. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. Madako Elementary School, 1(1), 13-24.

Tebai, B., Kresnadi, H., & Suparjan, S. (2022). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Sesuai Kelompok Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 7200-7206.

Noervadila, I. (2020). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 48-56.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53-60.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.16151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660