Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Adelia Ristyanti, Aan Widiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model kooperatif TGT berbasis aplikasi kahoot terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA kelas V SDN 01 Banyumanis Jepara. Penerapan metode dilakukan melalui kuantitatif eksperimen desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian sejumlah 13 siswa di kelas V. Teknik pengumpulan Pengumpulan data menggunakan data hasil angket motivasi berjumlah 25 butir untuk melihat hasil skor pre-test dan post-test. Analisis data menerapkan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh adanya signikansi perbedaan antara hasil skor pre-test dan post-test motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Melalui nilai rata-rata pre-test diperoleh nilai sejumlah 47,8 sedangkan post-test memperoleh nilai rata-rata sejumlah 83,3. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) yang disertai dengan aplikasi kahoot mampu meningkatkan hasil motivasi belajar yang cukup besar sejumlah 35,5%.


Keywords


Model TGT; Aplikasi Kahoot; Motivasi Belajar

References


Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Armin, R., & Astuti. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 12 GU. Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 180. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5455

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan tinggi Direktorat Ketenagaan. Assessment criteria, questions and feedback in marking‖. Physics Education, 41(4).

Avivah, N. M., & Suryaningrat, E. F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(2), 171. https://doi.org/10.20961/shes.v2i2.38613

Barus, I., & Soedewo, T. (2018). Studi Kasus : Mahasiswa Sekolah Vokasi – Institut Pertanian Bogor. Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal Prosiding, 1(1), 589–596.

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Press.

Fauzan, R. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 256–257. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5764

Fitriani, L., Buchori, A., & Nursyahidah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Dengan Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (Cai) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar nasional matematika 4th, 4, 292–300.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media pembelajaran interaktif game kahoot berbasis hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 56–73.

Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019a). Pengaruh model pembelajaran blanded learning berbantuan kahoot terhadap motivasi dan kemandirian siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 68–75.

Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1656

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif guru dan siswa. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Marta, F. N., Supriadie, D., & Susilana, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 di SD LABSCHOOL UPI). Edutcehnologia, 3(2), 84–92.

Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–12.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin, M. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning: theory, research, and practice (terjemahan). Nusa Media.: Bandung.

Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Taniredja, dkk. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Alfabeta.

Tyasning, D.M., H. & N. D. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dilengkapi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–364. https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868

Widiyono, A. (2015). Hubungan Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah IPA Kelas V SD Negeri Se-Gugus 3 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Widiyono, A., Thoyyibah, D., Haris, A., Nasir, K., & Hidayatullah, M. L. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDUT Bumi Kartini Jepara. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 1(2), 102–109.

Yuly Sakinatul Karomah, A. W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i1.17385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660