Pengembangan Game Edukasi Quiz Whizzer dengan Model VAK (Visual-Auditory-Kinesthetic)

Hana Aeni Mustahibah, Syiffa Dea Rikiansyah, Naufal Muhammad, Riska Dami Ristanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi QuizWhizzer sebagai media pembelajaran dengan pendekatan model Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK). Peneliti menggunakan model ADDIE dalam pengembangannya. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sampangan 01 dengan 26 siswa yang dibagi menjadi 13 kelompok. Hasil analisis menunjukkan kebutuhan akan inovasi media pembelajaran, mengingat siswa merasa kurang bersemangat dengan dengan metode pembelajaran yang diterapkan sebelumnya. Pengembangan dilakukan menggunakan platform QuizWhizzer dengan pendekatan VAK, mencakup visual, audio, dan kinestetik. Implementasi game dilakukan dengan Chromebook, dan evaluasi dilakukan melalui Angket Respon Siswa. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan siswa sebesar 82,73%, menunjukkan efektivitas media pembelajaran berbasis game edukasi QuizWhizzer dengan model VAK dalam pembelajaran siswa.


Keywords


Game Edukasi; QuizWhizzer; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran VAK

References


BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad 21. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Desti Elisa T, H. N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, DAN KINESTETHIC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 147 PEKANBARU. Efektivitas Strategi Pembelajaran Interaktif.

Faijah N, N. N. (2022). EFEKTIIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI QUIZWHIZZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PHYTAGORAS. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 117.

Hamsar. 2017. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao”. Skripsi Online. http://repositori.uinalauddin.ac.id/9743/. Diakses pada tanggal 7 Desember 2023.

Hamzah, (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Kusumasari, D. A., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 131-143.Pasambo, Y., & Tambuwun, S. (2019). Effectiveness Of Using Student Center Learning Methods In Nursing Department Of Manado Health Polytechnic. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 14(1), 41-47.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Tanamir, M. D., Putri, R. E., & Pertiwi, S. (2020). Analisis karakteristik gaya belajar remaja di korong sijangek kenagarian sungai durian kecamatan patamuan kabupaten padang pariaman. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(1), 50-59.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Winatha K, S. I. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 198 - 206.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.20090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660