Implementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik

Ade Nursamsy Wijaya, Firman Nurdiansyah, Ina Inayah, Jessy Permata Shakinah, Nadifah Amalia, Tiar Rizqi Latifa

Abstract


Pembelajaran tematik terpadu menjadi hal yang penting diterapkan di Sekolah Dasar karena melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang utuh dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik di SDN 2 Banyurasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan 20 siswa kelas IV SDN 2 Banyurasa. Data penelitian didapakan dari wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN 2 Banyurasa meliputi tahap perencanaan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dari data yang didapatkan di lapangan, disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di SDN 2 Banyurasa sudah dirancang dengan rinci, dilaksanakan secara terstruktur, dan dinilai secara optimal.

Keywords


Implementasi; Sekolah Dasar; Tematik; Terpadu

References


Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Ragunan 012. In Jurnal UIN Syarif Hidayatullah (Vol. 1, Issue 1). http://repository.uinjkt.ac.id/dsp.pdf

Fajri, Z. (2018). Bahan ajar tematik dalam pelaksanaan kurikulum 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100-108.

Huda, M. (n.d.). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar., 2017.

Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 18-36.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.

Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019, 2013, 309–316.

Marcelina, L., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MODEL INTEGRATED DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1-13.

Mas’udi. (2014). Evaluasi Sistem Pembelajaran. Junal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 2. No, Hal. 317-326.

Mi, S. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. III(4), 336–344.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.

Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 98-114.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Basic Education, 5(9), 884-893.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95-105.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440-447.

Sudarsih, N. L. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 125-132.

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal):

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78-88.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.20400

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660