Implementasi Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.20400Keywords:
Implementasi, Sekolah Dasar, Tematik, TerpaduAbstract
Pembelajaran tematik terpadu menjadi hal yang penting diterapkan di Sekolah Dasar karena melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang utuh dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik di SDN 2 Banyurasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan 20 siswa kelas IV SDN 2 Banyurasa. Data penelitian didapakan dari wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN 2 Banyurasa meliputi tahap perencanaan, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dari data yang didapatkan di lapangan, disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di SDN 2 Banyurasa sudah dirancang dengan rinci, dilaksanakan secara terstruktur, dan dinilai secara optimal.References
Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Ragunan 012. In Jurnal UIN Syarif Hidayatullah (Vol. 1, Issue 1). http://repository.uinjkt.ac.id/dsp.pdf
Fajri, Z. (2018). Bahan ajar tematik dalam pelaksanaan kurikulum 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100-108.
Huda, M. (n.d.). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar., 2017.
Iasha, V. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 18-36.
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291.
Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan dan Keterampilan Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2019, 2013, 309–316.
Marcelina, L., Erita, Y., & Fitria, Y. (2023). PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MODEL INTEGRATED DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1-13.
Mas’udi. (2014). Evaluasi Sistem Pembelajaran. Junal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Vol. 2. No, Hal. 317-326.
Mi, S. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. III(4), 336–344.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 98-114.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Puspita, H. J. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Kelas Vb Sd Negeri Tegalrejo 1 Yogyakarta. Basic Education, 5(9), 884-893.
Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(4), 95-105.
Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440-447.
Sudarsih, N. L. G. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 3(3), 125-132.
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal):
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78-88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.