Model Role Playing Berbantuan Media Audio pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Yusuf Rendi Wibowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fatonah Salfadilah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sri Atin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.20545

Keywords:

Model Role playing, Media Audio, IPS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dipicu oleh kekurangan kreativitas dalam inovasi pembelajaran IPS, mendorong eksplorasi model pembelajaran role playing berbantuan audio sebagai solusi. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan triangulasi data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek utama adalah pendidik kelas III, dengan tujuan mengungkap alasan penggunaan model role playing berbantuan media audio dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Hasil penelitian di SD N 1 Way Mili menunjukkan pelaksanaan yang baik, dengan keunggulan model ini termasuk melatih peserta didik memahami keadaan seakan-akan nyata, merangsang kreativitas dan inovasi, serta melibatkan peserta didik secara aktif. Namun, terdapat kelemahan seperti penggunaan waktu yang lama, membutuhkan ruang luas, potensi gangguan suara, dan ketidakmenarikan jika media audio mengalami kesalahan. Faktor pendidik, peserta didik, dan sarana prasarana menjadi pengaruh dalam penerapan model pembelajaran ini. Kesimpulannya, model role playing berbantuan audio efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meskipun dengan beberapa tantangan yang perlu diatasi.Bagian Atas Formulir

References

Andani, F. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing dalam Memperkenalkan Entrepreneurship Anak Di Kelompok B Paud Al-Padilah Kota Bengkulu. Annizom, 3(3).

Anggraini, S., Putri, E. P., Ajeli, F., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Standar Isi Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia. Journal on Teacher Education, 4(1), 1–6.

Anggrawati, D., Kasih, F., & Kardo, R. (2021). Model Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Role Playing dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 51–61.

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41–46.

Bera, L. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Role Playing pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Waioti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10476–10483.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.

Edu, A. L., & Dali, O. N. (2021). Penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe trading place untuk meningkatkan motivasi belajar ips siswa sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 59–64.

Fahreza, F., & Rahmi, R. (2018). Peningkatan keterampilan sosial melalui metode role playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Hasmi, H. (2021). Melalui Pendekatan Belajar Kelompok (Role Playing) Dapat Meningkatkan Kemampuan Berdialog Dalam Bermain Peran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Panga. Serambi Konstruktivis, 3(2).

Hilman, I., Febrianti, A., & Aulia, N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 152–157.

Johnson, E. B. (2014). Contextual Teaching Learning (CTL). California: Corwin Press Inc.

Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 67–75.

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64.

Purwantoro, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas V Sd Negeri Popongan Kecamatan Bringin. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(8), 471–484.

Rohmah, A. N. F. (2022). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdi Nurul Qur’an Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 90–106.

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(1), 10–14.

Siu, O. C., Nuriani, N., & Lamirin, L. (2022). Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Guru Sekolah Minggu Buddha Tamil Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(2), 48–56.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Wacana Saraswati Majalah Ilmiah Tentang Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 19(1), 3–3.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tello Baru II Kota Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(3), 74–85.

Wibowo, Y. R. (2021). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SD IT Baitul Muslim Way Jepara Pada Masa Pandemi Covid-19 (PhD Thesis). UIN Raden Intan Lampung.

Wibowo, Y. R., & Hidayat, N. (2022). Al-Qur’an & Hadits Sebagai Pedoman Pendidikan Karakter. BIDAYAH: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 113–132. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1006

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Ilmu.

Downloads

Published

2024-05-26