Peningkatan Prestasi Belajar Tangga Nada Melalui Metode Kodaly pada Pembelajaran Seni Musik Kelas IV SD Negeri 4 Panusupan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Fira Fahmi Fioni, Okto Wijayanti

Abstract


Peningkatan prestasi belajar tangga nada melalui metode Kodaly pada pembelajaran seni music kelas IV SD Negeri 4 Panusupan. Berdasarkan observasi peneliti di SD Negeri 4 Panusupan pembelajaran seni musik merupakan pembelajaran dari kurikulum sekarang yaitu kurikulum merdeka dan merupakan pembelajaran pilihan yang dipilih oleh sekolah. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ditemukannya faktor penghambat dalam kelas yang berjumlah 23 siswa, ada beberapa siswa yang prestasi belajarnya kurang dari teman yang lainnya, siswa kurang paham ketika pembelajaran seni music materi tangga nada dan lagu nasional, sarana prasarana yang juga kurang memadai. Hal ini mengakibatkan kelas kurang kondusif.  


Keywords


Prestasi Belajar; Tangga Nada; Metode Kodaly; Pembelajaran Seni Musik

References


Akhiruddin, et al (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sungguminasa: CV Cahaya Bintang Cemerlang

Hariyanto, H., & Rahayu, S. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 48-56.

Karanggintung, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(4), 65-75

Kusuma, A. D. (2019). Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 127-135.

Masruri, Eka, Supriatna (2020), Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Sikap

Riandi, R. (2018). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Skripsi. Universitas XYZ.

Rosyid, Mansyur, & Abdullah (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Susilo, Chotimah, & Sari, (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative.

Syafi'i, Marfiyanto, & Rodiyah(2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Utami, W. S., & Prastowo, A. (2020). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.20674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660