Implementasi Layanan Inklusi Anak Tuna Rungu SLB Negri Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.21831Keywords:
Layanan, Inklusi, Sekolah Luar Biasa (SLB), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)Abstract
Penelitian ini bertujuan agar bisa mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi layanan inklusi anak tuna rungu di SLBN Ogan Ilir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta analisis data untuk menghubungkan permasalahan dengan konsep teoritis yang relevan. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi layanan inklusi anak berkebutuhan khusus di SLBN Ogan Ilir berfokus pada pengembangan komunikasi melalui media praga seperti kartu huruf, poster, dan bahasa isyarat, memungkinkan partisipasi anak tunarungu dalam pembelajaran. Program tersebut berperan dalam mengurangi keterlambatan belajar anak tunarungu dengan memanfaatkan indera penglihatan dan intelektual sebagai kompensasi dari kekurangan pendengaran yang mereka alami.
References
Alasim, K. (2019). Inclusion Programmes for Students Who are Deaf and Hard of Hearing in Saudi Arabia: Issues and Recommendations. International Journal of Disability, Development and Education, 00(00), 1–21.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi dan implementasi pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar sumatera barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145-153.
Dayani, S., Wahyuni, S., & Aliyah, S. (2023). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLBN Widi Asih. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 223-235
Putri, S. S., Supena, A., & Yatimah, D. (2019). Dukungan social orang tua anak tunarungu usia 11 tahun di SDN Perwira Kota Bogor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/120192318
Supriyanto, S. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.
Wehmeyer, M. L., Turnbull, H. R., Turnbull, A., & Shogren, K. A. (2020). Exceptional Lives: Practice, Progress, & Dignity in Today’s Schools, 9th edition (9th editio).
Apriani, I., Dayani, S., Wahyuni, S., & Aliyah, S. (2023). Implementasi Layanan Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB Widi Asih. Edu Happiness : Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 218–228. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i2.223
Supena, A., & Muskania, R. T. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Inklusi Bagi Tunarungu Selama Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 202. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a9.2020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.