Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemberian Penguatan

Afwinda Umam, Siti Masyithoh

Abstract


Semangat belajar ialah suatu dorongan ataupun antusias yang diperlihatkan siswa melalui keterlibatannya dalam pembelajaran untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan. Semangat belajar bisa mempengaruhi hasil belajar yang siswa raih. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan mengenai pentingnya pemberian penguatan dalam meningkatkan semangat belajar siswa sekolah dasar. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan jenis penelitian kajian literatur. Data-data yang relevan dengan penelitian dikumpulkan dan diperoleh melalui jurnal-jurnal ilmiah. Kajian literatur ialah penelusuran dan penelitian kepustakaan melalui membaca beragam jurnal, buku, serta tulisan lain yang mempunyai kaitan terhadap masalah penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pemberian penguatan dapat meningkatkan semangat belajar siswa sekolah dasar.


Keywords


Semangat Belajar; Penguatan; Sekolah Dasar

References


Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2018). PEMBERIAN PENGUATAN ( REINFORCEMENT ) VERBAL DAN NONVERBAL GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII MTSN SERIRIT. JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNDIKSHA, 8(1), 23–32.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Anwar, A. M. (2022). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas XI Desain Grafis Di SMK Bina Banua Banjarmasin. Journal of Islamic Education Policy, 7(1).

Fitriani, R., Sari, D. R., & Ekasari, A. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SMP Negeri 15 Kota Bekasi. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1).

Hidayah, N., & Amin, M. (2023). Pengaruh Penerapan Asesmen Diagnostik Terhadap Semangat Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Ketegan Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(6).

Jainiyah, Fahrudin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp

Kurniati, & Ervina. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 16(1), 58–70.

Manshur, U., Khotimah, I., & Sholiha, I. (2022). Pengaruh Media Blog Terhadap Peningkatan Semangat Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Wali Songo Sebaung Gending Probolinggo. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 10(1).

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 01(02). https://journal.unhas.ac.id/index.php/etnosia/article/download/1613/912

Nasution, M. A. F. G., & Atika, T. (2022). Menumbuhkan Semangat Belajar Anak dengan Penguatan dan Pengembangan Motivasi di Sanggar Pelita Medan. ABDISOSHUM (Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora), 1(1).

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan (reinforcement) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83–96.

Nuruddin. (2022). Aksentuasi Reinforcement Bagi Siswa Sekolah Dasar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).

Resmi, N. W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 7(1).

Roffina, Z. D. (2020). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Relasi dan Fungsi Melalui Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1).

Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2).

Suasaningdyah, E. (2016). Teknik Penguatan dan Yel-Yel Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Jam-Jam Akhir Pelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(2).

Sudana, I. K., & Anggreni, N. L. P. Y. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online dan Semangat Belajar Terhadap Pembentukan Disiplin Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(2).

Yanti, R., Charles, Aprison, W., & Fauzan. (2024). KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN PADA PROSES PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTS TI TARUSAN KAMANG. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 86–99.

Yuningsih, I., & Masyithoh, S. (2023). Semangat Belajar Siswa MI/SD dan Pengaruh Penggunaan Gadget. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 6(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jrpd.v5i2.21836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2723-8660