Analisis Problematika Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik di MI NU Tholibin
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.21845Keywords:
Problematika, Seni Musik, Alat Musik PianikaAbstract
Pembelajaran seni musik bertujuan untuk mengembangkan kecintaan terhadap musik dan meningkatkan pemahaman dasar seni musik. Kegiatan pembelajaran musik harus selaras dengan sumber belajar tetapi berkembang berdasarkan kemampuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru dan siswa serta strategi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis situasi kondisi yang sesuai dengan fakta dilapangan sebagai objek kajian dan objek penelitian. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi serta studi keperpustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini disajikan dengan menerapkan pendekatan analisis interaktif yang berupa reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat 4 problematika penggunaan alat musik pianika seperti 1). Sebagian siswa kurang konsentrasi saat pembelajaran, 2). Keterampilan siswa saat penjarian alat musik pianika belum sesuai, 3). Beberapa siswa lupa dalam membawa alat musik pianika, serta 4). Jam pembelajaran yang sedikit.
References
Dewi, A. S. (2023). Problematika Penerapan Alat Musik Kelas Awal SD LABSCHOOL UNESA 1. 11, 2322–2332.
Djau, N. S. (2019). Analisis Problematika Guru Seni Budaya (Seni Musik) dalam Melaksanakan Mata Pelajaran Seni Budaya di SMA Negeri Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 575–585.
Epria, I., Putra, D., & Padang, U. N. (2023). Humanistic Thought In Music Arts Education. 25(1).
Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Khoiri. (2018). Efektifitas Pendidikan Ektrakurikuler Musik Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di Smpn 1 Tarokan Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(1), 81–92.
Rahmayanti, L., Antosa, Z., & Adiputra, M. J. (2020). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 72–80.
Savira, D., & Sunaryo, S. (2023). Analisis Penggunaan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik Kelas VI SDN Pinang 8 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20974–20978. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/9594/7826
Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177–184. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.45
Windasari, W., & Mahmudah, I. (2024). Perspektif Guru terhadap Pembelajaran Seni Musik dengan Pianika Kelas V MIS Al-Jihad Kota Palangka Raya. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 2(March).
Yuni, Q. F. (2017). Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.