Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23068Keywords:
Pengembangan media pembelajaran, berbasis audiovisual, keterampilan bahasa reseptifAbstract
Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan materi pembelajaran audio visual yang akan meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak kecil. riset dan pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang mencakup empat tahap langkah-langkah pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran—adalah metodologi penelitian yang digunakan. Para pengelola lembaga PAUD, pengurus TK, guru, dan anak usia 5–6 tahun di Abigail Preschool dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih subjek penelitian.. Prosedur pengembangan media melibatkan analisis kebutuhan, perancangan tes, pemilihan media, validasi ahli, dan uji coba produk. Penelitian ini menunjukkan bahwa media audiovisual, seperti video animasi, efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. Media ini membantu guru memvisualisasikan materi yang abstrak dan menyajikan informasi dengan lebih dinamis. Meskipun memiliki kelebihan dalam penyajian visual dan pemahaman informasi, media audio visual juga memiliki kelemahan seperti biaya yang mahal dan keterbatasan dalam aksesibilitas bagi semua siswa. Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media dievaluasi melalui kriteria penilaian validitas, respon guru, dan kemampuan anak dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai panduan untuk menciptakan materi pembelajaran pendidikan anak usia dini yang lebih berhasil.
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan kemampuan bahasa reseptif anak usia dini dalam memperkenalkan bahasa inggris melalui flash card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 274-279.
Darmawan, Rohmad, Hariyatmi Hariyatmi, and Supriyanto Supriyanto. 2021. “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan Pelajaran Ppkn Peserta Didik Kelas VI B Di SD Negeri 01 Tawangmangu.” Educatif Journal of Education Research 4(1): 19–26.
Dewi, R. A., & Eliza, D. (2021). Analisis Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Audio Visual. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 809-814.
Fatimah, Kholijah, S., & Susanti, S. (2019). Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini RA Darul Isitiqomah 2 Desa Karang Anyar Lampung Timur. AZZAHRA : Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 1(1), 39–52.
Fitria, Ayu. 2014. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran.” Cakrawala Dini 5(2): 61.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media belajar big book dalam mengembangkan kemampuan berbahasa reseptif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 237-246.
Hasanah, Ummi, and Rismareni Pransiska. 2024. “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Camtasia Studio Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Anak Sholeh Koto Tangah Kota Padang Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ,.” 8: 16370–78
Hasiana, Isabella. 2020. “Studi Kasus Anak Dengan Gangguan Bahasa Reseptif Dan Ekspresif.” SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal 1(1): 59– 67.
Kusumam, A., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23, 28–39
Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23-33.
Sumianto, T., Susilo, S. V., & Febriani, B. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta. Bandung.
Saodi, Syamsuardi, Muhammad Akil Musi, Arifin Manggau, and Noviani Noviani. 2021. “Metode Storytelling Dengan Musik Instrumental Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1): 163–72
Wanto dkk. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model. Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, 3(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.