Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Market Place Activity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Elisa Dina Puspita <span data-sheets-root="1" data-sheets-value="{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:&quot;Universitas Islam Negeri Salatiga&quot;}" data-sheets-userformat="{&quot;2&quot;:1021,&quot;3&quot;:{&quot;1&quot;:0},&quot;5&quot;:{&quot;1&quot;:[{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0,&quot;5&quot;:{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0}},{&quot;1&quot;:0,&quot;2&quot;:0,&quot;3&quot;:3},{&quot;1&quot;:1,&quot;2&quot;:0,&quot;4&quot;:1}]},&quot;6&quot;:{&quot;1&quot;:[{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0,&quot;5&quot;:{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0}},{&quot;1&quot;:0,&quot;2&quot;:0,&quot;3&quot;:3},{&quot;1&quot;:1,&quot;2&quot;:0,&quot;4&quot;:1}]},&quot;7&quot;:{&quot;1&quot;:[{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0,&quot;5&quot;:{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0}},{&quot;1&quot;:0,&quot;2&quot;:0,&quot;3&quot;:3},{&quot;1&quot;:1,&quot;2&quot;:0,&quot;4&quot;:1}]},&quot;8&quot;:{&quot;1&quot;:[{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0,&quot;5&quot;:{&quot;1&quot;:2,&quot;2&quot;:0}},{&quot;1&quot;:0,&quot;2&quot;:0,&quot;3&quot;:3},{&quot;1&quot;:1,&quot;2&quot;:0,&quot;4&quot;:1}]},&quot;9&quot;:0,&quot;10&quot;:0,&quot;11&quot;:4,&quot;12&quot;:0}">Universitas Islam Negeri Salatiga</span>

DOI:

https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23234

Abstract

Abstrak. Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi dunia melalui teori yang konstruktif dan sistematis. Namun, salah satu sekolah tingkat dasar di Salatiga masih ditemui siswa yang belum bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir kritisnya. Permasalahan tersebut didasari oleh model pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan model pembelajaran baru dalam mengatasi hal tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektifias model market place activity (MPA) dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya di bidang mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbasis kuantitatif-eksploratif dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Hasil dari pengumpulan tersebut dianalisis melalui uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran MPA terhadap kemampuan berpikir siswa. Hal ini dikarenakan  MPA memberikan kesempatan bagi siswa dalam berpartisipasi pada proses pembelajaran.

Kata kunci:   skill berpikir kritis, MPA,  natural sains

Downloads

Published

2024-09-01