Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Market Place Activity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23234Abstract
Abstrak. Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengeksplorasi dunia melalui teori yang konstruktif dan sistematis. Namun, salah satu sekolah tingkat dasar di Salatiga masih ditemui siswa yang belum bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir kritisnya. Permasalahan tersebut didasari oleh model pembelajaran yang tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan model pembelajaran baru dalam mengatasi hal tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektifias model market place activity (MPA) dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya di bidang mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berbasis kuantitatif-eksploratif dengan subjek penelitian siswa kelas 5 SD. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket. Hasil dari pengumpulan tersebut dianalisis melalui uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran MPA terhadap kemampuan berpikir siswa. Hal ini dikarenakan  MPA memberikan kesempatan bagi siswa dalam berpartisipasi pada proses pembelajaran.
Kata kunci:   skill berpikir kritis, MPA,  natural sains
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.