Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terintegrasi STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23298Keywords:
PjBL, STEM, Literasi sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning Terintegrasi STEM dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Banyaknya peserta didik sekolah dasar yang memiliki kemampuan literasi sains yang rendah, menjadi alasan pemilihan topik ini. Literasi sains menjadi sangat penting di abad ke-21, peserta didik diharapkan berhasil dalam dunia yang semakin didorong oleh kemajuan teknologi. Hipotesis yang digunakan adalah hipotesis komparatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini mengemukakan bagaimana model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM menjadi pilihan yang tepat dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Hasil hipotesis penelitian menunjukkan nilai Sig. < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima, dengan demikian model PjBL terintegrasi STEM menjadi model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan oleh guru dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar.References
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berorientasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Anggreni, L. D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 41–52.
Budiarti, Y., & Putri, K. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogik, X(1), 64–78.
Dewi, N. N. S. K., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM : Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 133–143.
Dianti, S. A. T., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEM terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Seminar Nasional IPA XIII, 432–442.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Dan Tidak Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354.
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415.
Indriani, H. P., Irdalisa, & Hartini, T. I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PJBL ) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 11–18.
Kartini, D., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (2024). Implementasi Literasi Sains untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Menggunakan Model PjBL di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.17583
Khotimah, H., Suhirman, S., & Raenah, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1Gerung Tahun 2018/2019. SPIN Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26.
Kurniawan, A., Febrianti, A. N., Hardianti, T., Ichsan, & Desy. (2022). Evaluasi pembelajaran. PT. Global Eksekutif Teknologi.
Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Stem dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1495–1503.
Musriyenti, & Sriyanto. (2023). Media Replika Peredaran Darah (Repperda) dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(2), 197. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i2.17726
Purwani, L. D., Sudargo, F., & Surakusumah, W. (2019). Analysis of student ’ s scientific literacy skills through socioscientific issue ’ s test on biodiversity topics Analysis of student ’ s scientific literacy skills through socio- scientific issue ’ s test on biodiversity topics. Journal of Physics: Conference Series, 10, 13.
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Ramadhan, W. (2023). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(2).
Ranty, S. (2021). Systematic Literature Review : Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Di Sekolah Dasar. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.31851/sj.v4i2.5954
Rezkillah, I. irma, & Prasetyo, Z. K. (2023). Pengaruh Metode Percobaan Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 36–46. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2330
Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, 471–478.
Septia, A., & Maryani, I. (2023). STEM-PjBL and creativity of science learning students in elementary schools. Journal of Professional Teacher Education, 1(2), 72–83.
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113–120.
Zaqinah, A., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Dan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Computational Thinking Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 369–382.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.