Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas V SDN 078011 Tetehosi
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23305Keywords:
Model pembelajaran kooperatif tipe talking-stick, dan teams -games-tournament, keterampilan proses sainsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking-stick dan teams-games-tounrnament terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V SDN 078011 Tetehosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen dengan menggunakan aplikasi SPSS dalam menguji data. Jenis penelitian ini menggunakan sampel penelitian peserta didik kelas V SDN 078011 Tetehosi secara keseluruhan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah talking-stick dan teams-games-tounrnament dan variabel terikatnya adalah Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan memberikan soal berupa pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Uji Instrumen penelitian ini terdiri dari empat uji yakni: 1) uji instrument butir soal 2) uji prasyarat analisis 3) uji hipotesis (komparatif) 4) uji N-Gain. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat mengambil kesimpulan jika penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan teams games tournament sangat mempengaruhi proses pembelajaran peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi dan pembentukan karakter rasa bertanggung jawab, mandiri dan bekerja sama antara peserta didik pada keterampilan proses SAINS di SDN 078011 Tetehosi, kelas V.References
Abdillah, L. I., Nur, S. H., & Arip, A. G. (2023). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1051–1060. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4472
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Dewi, N. M., & Kristin, F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas 6 Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(2), 147–154. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.12704
Elisa, D. T., Juliana, J., Bundel, B., Bumbun, M., Silvester, S., & Purnasari, P. D. (2023). Analisis Karakteristik Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i1.54868
Fitriani, N. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Nasution, Nurul Liza; Salminawati; Salum, Raisa Nur; Tarigan, I. W. B. (2024). Pengertian, tujuan, dan objek kajian sains. Jurnal Program Studi PGMI, 11, 333–344.
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Nilayanti, P. ., Suastra, I. ., & Gunamantha, I. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 31–40.
Ningrum, D. K., Prihandono, T., & Subiki. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournaments) Dengan Teknik Firing Line Disertai Media Kartu dalam Pembelajaran IPA (Fisika) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 248-254–254.
Nurilah, I., Yuliyanti, N., & Wahid, F. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Negla 1 dan Madrasah …. … Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–10. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraliterasi/article/view/25%0Ahttps://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraliterasi/article/download/25/22
Resti, F., & Aprian, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di Kelas III SD Negeri 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 43–65.
Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.